Makanan Penambah Tenaga di Usia 50-an, Anti-Loyo!

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Jumat, 24 Mei 2024 14:29WIB
Stroberi

Energi turun secara signifikan saat mendekati usia 50-an. Oleh karenanya, perlu makanan penambah tenaga untuk usia 50 tahun ke atas.

Ada banyak variabel yang memengaruhi tingkat energi seperti kebiasaan tidur, rutinitas, aktivitas fisik, penyakit, dan stres. Sementara bagi mereka yang masuk usia 50, energi turun drastis. Kenapa?

Hal ini disebabkan menopause, penurunan waktu deep sleep, penyakit kronis, dan kurang gerak.

Masuk usia 50-an berarti perlu ada perubahan pola makan. Pertimbangkan untuk menambah deret makanan berikut agar mendapat energi lebih baik.

1. Biskuit gandum utuh
Sebenarnya biji-bijian ada di sekitar Anda dan kerap dikonsumsi. Hanya saja, biji-bijian sudah dibersihkan bagian kulit arinya sehingga nutrisi jadi tak lengkap.

Sebaiknya, pilih makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh misalnya biskuit gandum utuh. Anda dapat menikmatinya bersama keju atau hummus untuk menambah nutrisi.

2. Kacang-kacangan
Kacang tanah, kacang almond, kacang mete, pistachio, dan kenari menawarkan manfaat kesehatan serupa. Selain protein, kacang-kacangan menyediakan karbohidrat sebagai sumber energi.

Mengutip Eat This Not That, karbohidrat pada kacang terbilang lebih tinggi dibanding pangan protein hewani.

Kacang mete adalah salah satu kacang dengan karbohidrat paling tinggi. Sebanyak 1 ons kacang mete mengandung 9 gram karbohidrat.

3. Sayuran
Energi lebih awet dan bertahan seharian kalau Anda mengonsumsi pangan dengan indeks glikemik rendah. Ketimbang memulai hari dengan telur dan bacon, lebih baik mulai hari dengan sayuran dan buah.

“Simpan protein dan lemak untuk digunakan di kemudian hari ketika Anda tidak membutuhkan banyak energi, karena ini membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna,” kata Alicia I. Arbaje, profesor di Divisi Kesehatan Geriatri dan Gerontologi di Johns Hopkins University, mengutip dari Livestrong.

Sayuran jadi salah satu makanan penambah tenaga untuk usia 50 tahun.

4. Ubi
Manfaatkan umbi-umbian untuk mendapatkan energi. Ubi mengandung banyak karbohidrat dan kalori. Karbohidrat kompleks tentu menawarkan energi yang lebih tahan lama.

Selain ubi, Anda juga bisa mendapat energi dari kentang, jagung, dan kacang polong.

5. Stroberi
Buah pun dapat memberikan pasokan energi. Pilih buah beri seperti stroberi, raspberry, blueberry, atau cranberry.

Beri memang mengandung gula yang bisa menjadi sumber energi bagi tubuh.

Namun, gula pada beri jelas berbeda dengan gula pada permen atau makanan dan minuman manis lainnya. Gula satu ini lebih memberikan energi berkelanjutan buat tubuh.

Dengan kata lain, beri termasuk makanan penambah tenaga untuk usia 50 tahun. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

GAPKI se-Kalimantan Bakal Gelar Borneo Forum ke-7, Simak Jadwal, Lokasi, dan Acaranya

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dari seluruh cabang provinsi di Pulau Kalimantan bakal menggelar…