Mau Umur Panjang, Hindari Konsumsi 5 Minuman Ini

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 24 Juli 2022 07:28WIB
Ingin panjang umur, hindari minuman ini

Minuman jadi asupan yang tak kalah penting. Selain air putih, ada minuman lain yang sering dikonsumsi. Tetapi hati-hati, 6 minuman ini harus dihindari jika ingin umur panjang.

Meskipun tubuh manusia terdiri dari 60 persen air, tetapi manusia juga memerlukan asupan cairan dalam tubuh. Sebenarnya asupan cairan tak hanya datang dari minuman, tetapi bisa juga dari makanan sehat lainnya.

Namun umumnya manusia mendapatkan asupan itu dari minuman, mulai dari air putih hingga minuman manis dan berkafein.

Meneguk minuman memang bisa memberi cairan tambahan. Tetapi seseorang juga harus berhati-hati karena nyatanya, ada beberapa minuman yang justru bisa memperpendek umur.
Hindari 5 jenis minuman ini jika ingin umur panjang.

1.Jus Buah dengan Gula

Minuman yang harus dihindari jika ingin umur panjangBeberapa jus dibuat dengan tambahan gula pasir yang bisa berbahaya karena mampu menyebabkan lonjakan gula darah. Foto: Getty Images

Kebanyakan orang minum jus buah dengan tambahan pemanis seperti gula pasir. Minuman ini bukan menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya jus buah dengan gula bisa menyebabkan lonjakan gula darah.

Beberapa penelitian menyatakan tambahan pemanis berlebihan pada minuman bisa mengganggu metabolisme glukosa dan lipid. Hal ini berujung pada peningkatan peradangan hingga menyebabkan obesitas.

Cara terbaik menyantap jus buah yaitu dengan membuatnya murni, tanpa ada pemanis apapun.

2.Soda

Terlalu sering mengonsumsi soda bisa menyebabkan masalah kesehatan. Permasalahan ini disebabkan karena banyak minuman berkarbonasi merupakan sumber gula tinggi.

Tak hanya soal gula, tetapi minuman soda juga memiliki nutrisi yang kurang. Terlalu sering mengonsumsinya bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung, gas, diare, bahkan bisa menyebabkan penyakit jantung kronis yang mengarah kepada kematian.

3.Teh Manis

Minuman yang harus dihindari jika ingin umur panjangMeskipun teh mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat bagi tubuh, tetapi minum teh dengan tambahan gula berlebih bisa menghilangkan manfaat dari teh itu.

Teh mengandung flavonoid yang menjadi senyawa antioksidan untuk membantu melindungi fungsi sel dalam tubuh.

Namun perlu diperhatikan, manfaat teh ini bisa hilang jika teh dikonsumsi dengan tambahan gula.

Tambahan gula yang tinggi juga bisa berkontribusi dalam penambahan berat badan hingga obesitas karena asupan gula tinggi itu dapat merusak metabolisme tubuh dan meningkatkan nafsu makan.

Jika teh tanpa gula dirasa pahit atau tidak enak, kamu bisa menambahkan buah ke dalam teh sehingga ada rasa tambahan alami.

4.Kopi dengan Krimer

Kopi biasanya menjadi pilihan minuman pagi hari. Kopi murni tanpa adanya pemanis apapun mungkin bisa memberikan dampak baik bagi kesehatan, tetapi beda dengan kopi yang sudah ditambah krimer.

Krimer yang menjadi bahan pelengkap kopi mengandung lemak tak sehat dan gula tambahan.

Mungkin terlihat seperti bukan masalah besar, tetapi mereka yang menggunakan krimer setiap hari tentu bisa berefek buruk bagi kesehatan jangka panjang.

Jika memang ingin menambahkan krimer pada kopi, pilih krimer dengan bahan-bahan alami atau krimer yang mengandung sedikit gula.

5.Minuman Berenergi

Minuman yang harus dihindari jika ingin umur panjangJika kamu bergantung kepada minuman berenergi saat melakukan olahraga, kebiasaan ini tidaklah baik karena minuman ini mengandung banyak gula dan kafein.

Jika kamu bergantung kepada minuman berenergi saat melakukan olahraga, kebiasaan ini tidaklah baik.

Minuman berenergi mengandung banyak gula dan kafein yang bisa lebih berbahaya dari kandungan pada kopi dan teh.

Bahkan pakar kesehatan mengatakan bahwa minuman berenergi bisa membawa seseorang masuk ke rumah sakit karena tekanan darah tinggi dan peningkatan denyut jantung.

Terlebih, beberapa orang mengonsumsi minuman berenergi ini dengan campuran alkohol yang akan menimbulkan efek berbahaya dua kali lipat. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…