Wajib Tahu! Inilah 5 Faktor Pemicu Munculnya Uban di Usia Muda

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Jumat, 24 Februari 2023 14:20WIB
Uban

Rambut yang sudah berwarna putih atau bisa disebut uban bagi sebagian orang sangat mengganggu penampilan.

Selain itu rambut yang berwarna putih atau uban biasanya terjadi dengan faktor usia yang semakin menua.

Meskipun begitu kini banyak yang masih berusia muda sudah mulai tumbuh rambut putih atau uban.

Ternyata selain faktor usia, hadiornya uban pada rambut juga bisa terjadi lebih dini akibat pengaruh beragam faktor.

Seiring dengan penambahan usia, jumlah pigmen yang masuk ke tiap helaian rambut akan menurun. Hal inilah yang membuat rambut putih atau uban semakin banyak muncul di usia lanjut.

Berikut lima faktor lain yang bisa mendorong kemunculan rambut putih selain faktor usia.

1.Gen
Menurut Dr K Harish Kumar MD DVL, gen adalah faktorpredominan dalam menentukan pada usia berapa rambutakan kehilangan pigmen. Pada beberapa orang, faktor genetik kemunculan helaian uban pertama bisa terjadi pada usia 20-an tahun.

2.Hormon
Studi mengindikasikan abhwa hormon bisa memicu atau meningkatkan kemunculan ubanprematur. Orang-orang yang merasa kemunculan ubandi rambut mereka berkaitan dengan masalah hormon sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

3.Kondisi Medis
Masalah kesehatan tertentu bisa membuat rambutkehilangan pigmen. Beberapa contohnya adalah penyakit autoimun seperti vitiligo, pernicious anemia, penyakit tiroid, dan sindrom penuaan dini.

4.Stres
Selain faktoryang berkenaan dengan masalah fisik, masalah psikologis juga dapat mempengaruhi kemunculan uban. Beberapa studi menunjukkan bahwa muatan stres oksidatif yang dipicu stres psikologis bisa menyebabkan terjadinya rambutberuban secara prematur.

5.Merokok
Salah satu faktorutama yang membuat ubanmuncul lebih dini adalah kebiasaan merokok. Sejumlah studi juga menemukan bahwa kebiasaan merokok menyebabkan terjadinya kerusakan melanosit folikel rambut.

Kerusakan inilah yang memicu rambut beruban prematur. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Widiya Kumala Wati, Volunteer dan Satgas PPA dari Kalteng, Terima Penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi Bidang Sosial Budaya

Widiya Kumala Wati volunteer dari berbagai organisasi dan Satgas PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) Provinsi Kalimantan…