Yuk! Wisata Kuliner di Palangka Raya yang Murah & Enak

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 12 Juni 2022 15:39WIB
Kuliner Tempoe Doeloe Serba Kandas

Selain dikenal dengan pesona alam dan budayanya, Palangka Raya, Kalimantan Tengah memiliki daya tarik wisata kuliner yang unik dan lezat.

Banyak tersedia makanan khas yang bisa dicicipi ketika berkunjung dan berlibur di Kota Palangka Raya.

Wisata kuliner di Palangka Raya sangat bervariasi dan memiliki cita rasa khas yang membuat kita ketagihan. Yuk, inilah tempatnya!

1.Kuliner Tempoe Doeloe Serba Kandas

Wisata kuliner yang wajib di kunjungi adalah Kuliner Tempoe Doeloe Serba Kandas. Tempat makan ini menyajikan makanan khas dengan masakan Dayak Borneo yang asli. Jika Anda sedang berlibur dan ingin mencoba kuliner asli dari Kalimantan, tentu saja tempat ini sangat cocok untuk mengobati rasa penasaran dari makanan khas berupa ikan ini.

Menu makanan yang sangat populer di kalangan wisatawan adalah ikan Lais goreng atau yang disebut juga dengan ikan Saluang dan dipadukan dengan kecombrang kandas sambal.

Kuliner Tempoe Doeloe Serba Kandas buka dari Senin hingga Sabtu mulai jam 9 pagi sampai jam 9 malam.

Lokasi : di Jalan Kutilang Nomor 118 / 54 Palangka Raya.

2.Rumah Tjilik Riwut Gallery & Resto

Jika ingin menikmati suasana tenang dan nyaman ketika bersantap makanan dengan keluarga atau orang terdekat, bisa mengunjungi wisata kuliner di Rumah Tjilik Riwut Gallery & Resto.

Terletak di Jenderal Sudirman Nomor 1 Palangka Raya, tempat ini menyediakan beberapa menu makanan khas dari orang Dayak, seperti juhu rimbang, juhu umbut rotan, juhu ujau, tanak lais hingga tumis kelakai.

Ada juga menu unik dari minumannya yaitu Baram. Minuman tradisional ini ditawarkan dalam dua ukuran sajian yaitu, small dan large.

 Menariknya lagi, Baram yang disediakan di Rumah Tjilik Riwut Gallery & Resto sudah diracik dengan sentuhan baru sehingga rasanya dapat dinikmati bagi orang yang tidak terbiasa minum minuman beralkohol.

Untuk pengunjung yang tidak ingin mencoba menu minuman khas Dayak masih ada menu lainnya yang bisa dipesan.

Tak hanya makanan lezatnya yang menarik pengunjung untuk datang, tetapi juga desain tempat yang sangat estetik bisa dilihat mulai dari pintu masuknya. Ada beberapa buku kecil yang disediakan sebagai buku tamu agar pengunjung bisa menuliskan kesan, nama, pesan atau apa saja yang bisa menjadi kenangan di buku tersebut. Selain itu, ada juga lemari kaca untuk meletakkan barang antik. Tidak heran banyak sekali orang yang ingin makan di sini.

Lokasi: Jenderal Sudirman Nomor 1 Palangka Raya

3.Kampung Lauk

Kampung Lauk merupakan tempat makan yang tidak kalah menariknya. Di tempat ini terdapat beberapa sajian masakan yang berbahan ikan. Tidak berhenti di situ saja, ada juga menu lainnya yang bisa dipilih untuk  Anda yang kurang suka dengan olahan ikan.

Karena masakannya yang khas dan tentu lezat, tak heran jika Kampung Lauk cukup ramai. Jika ingin menikmati cita rasa khas seafood, Anda bisa langsung datang ke Jalan Bukit Km No. 2 Pahandut Seberang, Palangka Raya.

Lokasi: Jl. Bukit Rawi Km No.2, Pahandut Seberang, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya.

4.Rumah Makan Samba

Apakah Anda ingin mencoba makanan asli orang Kalimantan Tengah? Jika iya, Anda bisa datang ke Rumah Makan Samba yang berlokasi di Jalan RTA Milono Nomor 15 Langkai, Pahandut, Palangka Raya.

Menu masakan yang paling laris dan diincar oleh para wisatawan adalah tumis rotan muda dan ikan panggang Baung. Selain menghidangkan makanan yang khas, suasana di Rumah Makan Samba juga sangat nyaman.

Tema yang diusung rumah makan ini sebenarnya menu rumahan, jadi Anda bisa pesan menu yang biasa menjadi makanan sehari hari dari orang Kalimantan pada umumnya. Selain ikan panggang, ada juga hidangan sayur kaluang dan juhu umbut sawit. Olahan yang ada di rumah makan ini higienis dan bersih sehingga menyajikan makanan yang enak untuk disantap bersama keluarga atau kerabat terdekat.

Lokasi: Jl. RTA Milono No.15, Langkai, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya.

5.Rumah Makan Palangka

Menu makanan yang ada di rumah makan ini memang mirip dengan menu nasi padang yang biasa kita temui pada umumnya. Hanya saja penyajian dan pelayanannya agak berbeda karena tersaji dalam aneka menu seperti ikan, ayam dan telur.

Semua menu tersebut sangat lezat dan enak. Perpaduan antara bumbu dan bahan berkualitas lainnya membuat Rumah Makan Palangka tidak pernah sepi penikmat kuliner.

Jika ingin berkunjung kemari, siapkan saja perut yang lapang karena menu makanannya yang bervariasi. Tempat ini sangat terkenal dan cukup legendaris sehingga Anda bisa dengan mudah menemukannya. Jangan heran bila Anda harus antre cukup lama karena kepopuleran rumah makan ini.

Biasanya buka dari pagi hingga malam, tergantung dari ketersediaan bahan karena pengolahannya setiap hari yang selalu ludes.

Lokasi: Jl. G. Obos No.20, Pahandut, Menteng, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya. ***

*** Diambil dari berbagai sumber

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Kongres Dunia SUBUD Ke-16 di Palangka Raya

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) H. Edy Pratowo Hadiri dan Membuka acara Kongres Dunia…