Terima Anugerah Tokoh Penyiaran dari KPID Award 2023, Agus Siswadi Sebut Tantangan Besar Dunia Penyiaran Bagaimana Beradaptasi dengan Teknologi

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Senin, 18 Desember 2023 09:47WIB
Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah Agus Siswadi terima anugerah tokoh penyiaran pada acara KPID Kalimantan Tengah Award 2023

Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah Agus Siswadi terima anugerah tokoh penyiaran pada acara Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalimantan Tengah Award, Rabu (13/12/2023).

Penghargaan tersebut diterima Agus Siawadi sebagai bentuk apresiasi KPID Kalimantan Tengah atas dedikasi dan kontribusinya terhadap dunia penyiaran radio dan televisi di Kalimantan Tengah.

Agus Siswadi memulai debut kariernya sebagai penyiar radio dimulai tahun 1988 di Radio Swasta Navaria Gemilang Palangka Raya. Di radio ini ia berkarier sebagai penyiar, voice over, hingga menduduki jabatan Kepala Bagian Siaran. 

Disamping sebagai penyiar radio, ia juga aktif sebagai MC dan moderator di berbagai acara. Pada tahun 1999 Agus Siswadi mengembangkan kariernya sebagai penyiar berita dan dialog di TVRI Kalimantan Tengah, namun tetap aktif sebagai penyiar radio hingga tahun 2006. 

Seiring karier sebagai Pegawai Negeri Sipil dan kesibukan saat itu selaku Kepala Bagian Protokol pada Biro Humas dan Protokol Sekretariat Deerah Provinsi Kalimantan Tengah, aktifitas sebagai penyiar radio dan televisi ia tinggalkan, namun masih aktif sebagai voice over dan instruktruktur MC.

Kecintaannya terhadap dunia penyiaran tidak hilang begitu saja, ia mendirikan production house Maeztro Production sejak tahun 2015 yang memproduksi program acara radio dan televisi, periklanan dan film, yang tetap eksis hingga saat ini. 

“Alhamdulillah, barangkali penghargaan ini saya dedikasikan untuk dunia penyiaran yang saat ini tidak dalam kondisi baik, di tengah perkembangan teknologi dimana banyak alternatif kanal informasi, diantaranya gempuran dari media sosial, dan media online,” ucapnya mengucap syukur atas anugerah sebagai tokoh penyiaran dari KPID Kalimantan Tengah, di ruang kerjanya Jumat (15/12/2023).

.

Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah Agus Siswadi

Diakuinya, ia merasa bersyukur pernah melewati era penyiaran analog hingga digital saat ini.

“Saya pernah melalui semuanya, dari siaran era pita kaset, piringan hitam, CD, DVD, komputer pentium 2, hingga era digital, pengalaman yang luar biasa, terlebih masa transisi ke era digital” imbuhnya.

Ia mengatakan tantangan besar dunia penyiaran saat ini adalah, bagaimana beradaptasi dengan teknologi yang kian maju pesat, informasi semua berada di genggaman.

“Bila sektor penyiaran radio dan televisi tidak mampu menciptakan inovasi dan kreativitas di tengah gempuran kemajuan teknologi saat ini, akan tiba saatnya radio dan televisi akan ditinggalkan dan hanya menjadi kenangan” imbuhnya.

Menurutnya, produksi siaran yang memerlukan waktu seperti editing, penyuntingan dan proses lainnya, akan kalah cepat dengan media online dan media sosial yang bisa menyajikan real time informasi dan peristiwa. Hal yang sama akan dialami media cetak.

“Harus ada terobosan dan inovasi yang benar-benar membumi bila ingin radio penyiaran dan televisi untuk tetap bertahan dan tumbuh di era teknologi yang makin kompetitif,” pungkasnya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…