4 Pencurian Kelapa Sawit Milik PT BGA Diamankan Polres Kobar

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Selasa, 5 April 2022 15:04WIB
Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono memberikan keterangan terkait pengungkapan kasus pencurian sawit di PT BGA dengan mengamankan 4 pelaku.

Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kotawaringin Barat (Kobar), berhasil mengamankan 4 tersangka pencurian atau penggelapan di Wilayah Hukum Polres Kobar.

Keempat tersangka tersebut berinisial A, R, Jdan I, melakukan pencurian buah kelapa Sawit di kebun PT. Bumitama Gunajaya Abadi blok E47 Divisi 1, Sungai Terusan estate, Kelurahan Kotawaringin Hilir, Kecamatan Kotawaringin Lama, Kabupaten Kobar, Minggu (27/4/2022), sekitar Pukul 17.00 WIB.

Menurut Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono modus operandi yang dilakukan para tersangka saat melakukan aksinya yaitu, tersangka A merupakan dalang dari semua pencurian tersebut, dan tersangka R, J dan I merupakan anak buah yang di perintahkan A untuk memanen buah kelapa Sawit milik PT. Bumitama Gunajaya Abadi.

Tersangka A ini yang memiliki ide dan juga memerintahkan R, J dan I untuk memanen kelapa sawit Milik PT. Bumitama Gunajaya Abadi tanpa izin dari pihak PT. Bumitama Gunajaya Abadi.

Keempat tersangka ini merupakan karyawan di PT tersebut, pada saat kejadian memang tidak ada jadwal memanen dan memuat buah kelapa sawit. Rencananya kelapa sawit tersebut akan di bawa ke devisi 1 dan apabila situasi aman, kelapa sawit tersebut akan dijualnya, jelas Kapolres Kobar, pada saat pers release di Halaman Makopolres Kobar, Selasa (5/4/2022).

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan 1 Unit ranmor roda empat merek Daihatsu grand max warna hitam, 2 buah tojok yang terbuat dari besi, 1 Unit sepeda motor merek Suzuki tanpa plat, buah kelapa sawit sebanyak 125 janjang dengan berat 1.890 Kg, satu unit sepeda motor merk Honda Supra warna hitam merah, satu buah dodos yang terbuat dari besi, satu buah angkong warna merah, dan 1 buah gancu yang terbuat dari besi.

Para tersangka dikenakan pasal 363 ayat (1), Ke 4 KUH Pidana atau pasal 372 KUH Pidana dengan ancaman paling singkat 4 tahun penjara dan paling lama 7 tahun penjara. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Kongres Dunia SUBUD Ke-16 di Palangka Raya

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) H. Edy Pratowo Hadiri dan Membuka acara Kongres Dunia…