418 Napi Narkotika Kasongan Peroleh Remisi

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Rabu, 4 Mei 2022 15:02WIB
Lapas Narkotika Kasongan

Sebanyak 418 Narapidana (Napi) Narkotika Kelas II A Kasongan, memperoleh pengurangan tahanan (Remisi) dari Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenhum HAM) RI.

Kepala Lapas Narkotika Kelas II A Kasongan Ahmad Hardi menjelaskan  remisi yang diberikan adalah remisi khusus keagamaan, yang diberikan setiap hari raya Idul Fitri, seperti hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H. 

Remisi yang diberikan, merupakan penghargaan atas perubahan perilaku warga binaan yang ditunjukkan dalam menjalani pidana di Lapas Narkotika Kelas II A Kasongan.

Pemberian remisi selain pengamalan dari Peraturan Perundang-undangan nomor 12/1995, juga untuk memotivasi warga binaan pemasyarakatan, agar lebih baik.

Kemudian, untuk meningkatkan semangat warga binaan pemasyarakatan dalam mengikuti kegiatan binaan di Lapas, mempercepat proses reintegrasi sosial agar warga binaan dapat segera kembali ke masyarakat.

Terakhir adalah sebagai upaya untuk mengurangi kelebihan kapasitas di masa pandemi Covid-19.

Dari 418 napi memperoleh remisi untuk RK I sebanyak 33 orang napi memperoleh remisi 15 hari, 348 orang napi memperoleh remisi 30 hari, 30 orang napi memperoleh remisi 45 hari dan 4 orang memperoleh remisi 60 hari, serta yang di RK II sebanyak 3 orang napi memperoleh remisi 60 hari.

Dari 418 orang napi yang memperoleh remisi tersebut, tidak ada satu orang pun yang bebas langsung.

 “Sebenarnya ada beberapa orang napi yang bisa bebas langsung, namun, Lantaran mereka belum memenuhi subsider, sehingga mereka harus menjalani tahanan sebagai pengganti,” jelasnya. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Kongres Dunia SUBUD Ke-16 di Palangka Raya

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) H. Edy Pratowo Hadiri dan Membuka acara Kongres Dunia…