43 Daerah Ini Sudah Lampaui Puncak Saat Gelombang Delta, Mana Saja?

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Senin, 14 Februari 2022 20:46WIB
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan ada 6 provinsi sudah melampaui mengalami kenaikan kasus Corona yang melampaui puncak gelombang Delta. Budi menambahkan, sebanyak 37 kabupaten/kota juga sudah melampaui puncak gelombang Delta.

“Ada 6 provinsi yang sudah melampaui kasus Delta dan 37 kabupaten/kota yang juga sudah melampaui puncak Delta. Enam provinsi tersebut adalah DKI, Banten, Jabar, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Papua,” kata Budi saat jumpa pers melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/2/2022).

Budi kemudian menjelaskan keterisian tempat tidur di rumah sakit pada daerah yang mengalami kenaikan kasus itu. Dai menyebut keterisian rumah sakit hanya mencapai 30% dari puncak Corona varian Delta.

“Semua provinsi yang sudah melampaui puncak Delta kasusnya itu rumah sakitnya sekitar 30 persen dari puncak Delta. Ada 2 yang agak tinggi, yaitu Jakarta dan bali, tapi trennya Jakarta dan Bali sekarang, khususnya Jakarta itu sudah melandai kan kemungkinan segera turun, data-data yang kami lihat Jakarta,” katanya.

Budi memprediksi setelah Banten hingga Bali mengalami puncak Omicron, kenaikan kasus akan bergeser ke Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga ke luar Jawa.

“Saya rasa nanti Banten, Jabar, Bali ini sudah mendekati puncak dan baru nanti akan bergeser ke provinsi-provinsi seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogja dan di luar Jawa,” jelasnya.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan bahwa DKI Jakarta akan mengalami puncak varian Omicron pada pekan ini. Setelah itu, dia memperkirakan kasus Corona di Jakarta akan menurun.

“Tapi DKI kemungkinan besar kami mengalami bahwa minggu ini akan sampai puncaknya dan akan mulai bergerak turun. Dan rumah sakitnya berhenti di level 40 sampai 50 persen dibandingkan dengan puncak Delta,” sebutnya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…