Agustiar Sabran: Perayaan Paskah Moment Perkuat Toleransi Antar Umat Beragama

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Sabtu, 8 April 2023 05:40WIB
Anggota DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Kalimantan Tengah Agustiar Sabran

 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI, Agustiar Sabran mengucapkan selamat merayakan Paskah kepada para umat Katolik dan Kristiani, di Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Tengah.

 “Saya ucapkan selamat merayakan Paskah Tahun 2023, semoga seluruh umat Katolik dan Kristiani makin maju dan kuat dalam kebersamaan dengan semua elemen bangsa dalam menjaga persatuan dan memajukan pembangunan bagi kemaslahatan bangsa, dan negara, dan khususnya dalam membangun kesejahteraan di Kalteng.

Momentum Paskah merupakan bentuk pengakuan atas keteladanan yang telah diwariskan sejak dulu kala dan dipercaya oleh umat Kristiani.

 “Paskah telah menunjukkan kesejatian pengorbanan dan pelayanan yang tulus dalam merentangkan jalan keselamatan, sehingga di balik itu, momentum sakral ini membuktikan ajaran agama lahir sebagai instrumen pencerahan bagi seluruh umat manusia,” kata Agustiar.

Selain itu, Agustiar mengatakan peringatan Paskah menunjukkan bahwa agama lahir sebagai instrumen pencerahan bagi umat manusia.

 “Siapapun orangnya, kita sebagai manusia adalah pelayan bagi sesama. Kehidupan yang rukun dan harmonis hanya bisa tercipta dalam suasana kebersamaan dan perasaan yang empati terhadap penderitaan orang lain,” sambungnya.

Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalteng itu juga mengajak masyarakat menjadikan peringatan Paskah ini sebagai momentum yang tepat untuk mempererat kesatuan dan persatuan antar umat beragama.

Apalagi, perayaan hari spesial tiga agama berlangsung secara berdekatan. Yakni puasa ramadan bagi umat islam yang saat ini masih berlangsung, Nyepi Tahun Baru Saka 1945 bagi umat hindu, dan Paskah untuk umat Katolik dan Kristiani.

“Saya berharap melalui momentum Perayaan Paskah, lintas umat beragama terus berperan dan berkontribusi dalam upaya ikut menjaga kerukunan antar umat beragama, membangun kesatuan dan keutuhan nasional,” kata dia.

“Harapan tentang masa depan kehidupan yang lebih aman dan damai, saling memelihara dan melayani, bahkan berkorban demi kepentingan yang lebih besar, tanpa perbedaan golongan, agama maupun ras,” jelasnya.

Politikus PDI Perjuangan ini mengingatkan pesan Bung Karno, bangsa Indonesia adalah kesatuan dari barat sampai kepulauan timur.

“Seperti kata Bung Karno, Persatuan dan kesatuan adalah satu-satunya cara agar bangsa ini lepas dari hinaan serta penindasan bangsa lain. Bangsa Indonesia ini seperti sapu lidi yang terdiri dari beratus-ratus lidi. Jika tidak diikat akan tercerai berai, tidak berguna dan mudah dipatahkan,” ucapnya.

“Tetapi jikalau lidi-lidi itu digabungkan, diikat, menjadi satu, mana ada manusia yang bisa mematahkan sapu lidi yang sudah diikat. Jikalau kita bersatu, jikalau kita rukun, kita menjadi kuat kesatuan sikap dan tindakan,” kata Agustiar. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Transaksi Keuangan, Barang dan Jasa Selama FBIM dan FKN 2025 Capai Rp20 Miliar

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2024 berakhir, dan ditutup  Gubernur…