Atasi Laju Inflasi, Gubernur Sugianto Sabran Pimpin Gerakan Tanam Bawang Merah dan Cabai

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 18 September 2022 15:05WIB
Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran memimpin Gerakan Tanam Bawang Merah dan Cabe di Jalan Tjilik Riwut Km 38 Palangka Raya, Minggu.

Dalam rangka menekan laju inflasi daerah di Kalteng, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran memimpin aksi Gerakan Tanam Bawang Merah dan Cabai (GERTAM BABE) BERKAH di lokasi Jalan Cilik Riwut km. 38 dengan luas lahan ± 30 hektare, Minggu (18/9/2022). 

Gubernur mengatakan bahwa penanaman bawang dan cabai ini hanya program jangka pendek dan menengah saja. 

“Untuk jangka panjang saya instruksikan kepada Bupati/Wali Kota agar menganggarkan secara khusus untuk ketahanan pangan di masing-masing daerah. Kita harus belajar dari inflasi yang terjadi saat ini, harus tau langkah-langkah yang dilakukan,” imbuhnya. 

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Prov. Kalteng Hj. Sunarti menyatakan, lahan yang disediakan adalah 50 hektare, namun yang digunakan dalam penanaman bawang merah dan cabai ini sekitar 30 hektare. 

“Karena yang 20 hektarenya sudah ada kandang ayam dan sayuran lainnya seperti tomat, terong, dan daun bawang,” ujarnya

Lebih lanjut Sunarti menjelaskan dalam satu hektare lahan, bisa ditanami 15 ribu bibit cabai. 

Di hari yang sama Gubernur Sugianto juga telah membuka pasar murah dan pasar penyeimbang yang dilaksanakan serentak di kabupaten/kota se-Kalteng, yang dipusatkan di Komplek Pasar Penyeimbang Palangka Raya.

Ia berharap seluruh anggota TPID memberi perhatian lebih pada upaya menjaga dan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi Kalteng. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…