Banjir di Tiga Kecamatan di Katingan Belum Juga Surut

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 7 Agustus 2022 14:00WIB
Banjir yang melanda 3 kecamatan di Katingan, belum surut.

 Banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Katingan, yakni Kecamatan Petak Melai, Sanaman Mantikei dan Katingan Tengah.

Banjir yang terjadi di sekitar Kecamatan Petak Malai akibat peningkatan curah hujan dan meluapnya Sungai Samba, terjadi sejak 3 Agustus 2022 sampai saat ini.

Banjir di kecamatan ini mencapai ketinggian 10-30 centimeter. Desa-desa yang terendam banjir di antaranya Habangoi, Baraoi, Nusa Kutau, Batu Tukan dan Batu Badak.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Katingan, Kalimantan Tengah Roby membenarkan banjir terjadi di beberapa desa yang berada di tiga kecamatan.

“Saat ini terdapat tiga kecamatan di Katingan yang sebagian daerahnya terendam banjir yakni Kecamatan Petak Malai, Sanaman Mantikei dan Katingan Tengah,” kata Roby di Kasongan, Sabtu.

“Info terakhir yang kami terima dari Camat Petak Malai, ketinggian air bertahan dan cenderung surut,” jelasnya.

Banjir di wilayah Kecamatan Sanaman Mantikei terjadi di desa yang berada di dataran rendah. Banjir yang cukup parah melanda Desa Tumbang Manggu.

Ketinggian air hampir mencapai dada orang dewasa. Warga terlihat mengungsi di lantai dua rumah masing-masing dan menggunakan kelotok sebagai alat transportasi.

Banjir yang melanda desa-desa di Kecamatan Katingan Tengah akibat terdampak luapan dua aliran air sungai besar yang membelah wilayah tersebut yaitu Sungai Katingan dan Sungai Samba.

“Yang terdampak di Kecamatan Katingan Tengah adalah Desa Tumbang Samba dan Desa Samba Bakumpai,” ucapnya.

Seluruh permukaan Jalan di Desa Samba Bakumpai mulai RT 1 sampai RT 6 terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 20-50 cm. Air mengepung pemukiman warga di enam RT tersebut, Jalan H.Ikap RT. 6 dan 7 tidak bisa dilintasi kendaraan.

Kemudian sebagian jalan lintas kabupaten di wilayah hulu tidak bisa dilintasi dan pemukiman warga yang berada di ruas jalan tersebut ada yang terendam banjir.

Meski belum ada yang mengungsi dan aktivitas warga masih berjalan, dia mengingatkan warga agar segera melakukan penyelamatan dan pengungsian jika kondisi sangat membahayakan jiwa serta harta benda.

Diperkirakan banjir yang melanda tiga kecamatan tersebut merendam ratusan rumah warga, sekolah, tempat ibadah, sarana prasarana umum dan bangunan lain serta jalan pemukiman.

Camat Katingan Tengah Yobie Sandra mengatakan Desa Samba Bakumpai dan beberapa daerah merupakan daerah yang menjadi langganan banjir. Hal itu disebabkan karena berada di dataran yang rendah.

Dia mengaku pihaknya selaku pemerintah kecamatan masih melakukan monitoring dan menunggu laporan dari pemerintah desa yang dilanda banjir sambil terus melihat peningkatan debit air.

“Sementara pemerintah desa dan kelurahan kita minta untuk tetap siaga apabila ada masyarakat yang memerlukan bantuan,” kata Yobie Sandra. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Pemprov Kalteng Terima Bantuan Alat dan Mesin Pertanian Rp8 M Lebih dari Menteri Pertanian

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyerahkan bantuan untuk Provinsi Kalteng melalui program Kementerian Pertanian…