Barito Utara Sepakati Tata Batas dengan Kabupaten Paser dan Mahakam Ulu

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Rabu, 20 April 2022 18:34WIB
Bupati Barut H Nadalsyah menandatangani kesepakatan tata batas dengan Kabupaten Paser dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Pemerintah Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah (Kalteng), menyepakati tata batas dengan Pemerintah Kabupaten Paser dan Mahakam Ulu Kalimantan Timur (Kaltim)

Kesepakatan merupakan keputusan pada Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah Perumusan Penyelesaian Batas Batas Daerah dipimpin Direktur Toponimi dan Batas Daerah Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, yang digelar di Hotel Win Premier Mangga Besar Jakarta Selasa(19/4), 

Dari Kabupaten Barito Utara (Barut) hadir Bupati Barito Utara H. Nadalsyah , Sekretaris Daerah , dan Tim Teknis. Sementara dari Kabupaten Paser dihadiri Bupati Paser dan Tim Teknis, dan Kabupaten Mahakam Ulu dihadiri Bupati Mahakam Ulu dan Tim Teknis.

Bupati Barito Utara, H Nadalsyah mengatakan pada prinsipnya tata batas antara Kabupaten Barito Utara dan Kabupaten Paser tidak ada masalah yang krusial dan Pemerintah kabupaten Barito Utara  (Barut) sepakat dengan apa yang telah disampaikan  pihak Kabupaten Paser agar kiranya Kepmendagri No 46 Tahun 2012 dapat direvisi.

Mengingat ketika penentuan batas antara Barito Utara dan Kabupaten Paser di Kepmendagri tersebut tidak melibatkan Pemkab Barito Utara dan sepakat penentuan batas seperti apa yang telah disampaikan tim teknis dari Kabupaten Paser yang mana telah mengakomodir dari akar rumput dalam hal ini masyarakat desa dan pemerintah desa, jelas Bupati Barut.

Dalam Rakor  dibahas penyelesaian tata batas antara Kabupaten Barito Utara dan Kabupaten Kutai Barat, dimana Bupati mengharapkan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemedagri dapat merevisi 9 titik yang menjadi titik acuan pemerintah pusat.

“Penetapan titik acuan tersebut sangat merugikan Kabupaten Barito Utara dan pada prinsipnya kami menyerahkan penentuan tata batas ini kepada Kemedagri agar dapat memutuskan tata batas tersebut,’’ ungkap Bupati Barut H Nadalsyah.

Bupati Barut mengharapkan penentuan tata batas antara Kabupaten Barito Utara dan Kabupaten Kutai Barat diputuskan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemendagri secara adil dan bijaksana. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Pemko Palangka Raya – PT PLN (Persero) UIW Kalselteng Tandatangani Kerja Sama

Pemerintah Kota Palangka Raya dan PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan…