Bertemu Sultan Yogya, Menko Hadi Bantah Bahas Isu Mediasi Jokowi-Mega

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Minggu, 25 Februari 2024 17:21WIB
Menko Polhukam Marsekal Purn. Hadi Tjahjanto Bertemu Sultan HB X, Jumat (23/2/2024) malam

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Hadi Tjahjanto mengklaim tak membawa pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait rencana mediasi dengan Megawati Soekarnoputri saat dirinya menemui Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Jumat (23/2/2024) malam.

Hadi bertemu Sultan di Kraton Kilen, Kota Yogyakarta. Hadi tiba di lokasi pukul 18.54 WIB dan menggelar pertemuan tertutup hingga kurang lebih pukul 20.40 WIB.

Selepas pertemuan, Hadi menyebut kedatangannya hanya untuk silaturahmi semata pascapelantikan dirinya sebagai Menko Polhukam, Rabu (21/2).

“Kami hanya datang untuk silaturahmi saja dan itu seperti biasa saya lakukan. Tradisi saya, saya selalu sowan kepada ngarsa dalem (Sultan),” kata Hadi di Kraton Kilen.

Tradisi sowan itu, menurut Hadi juga ia lakukan ketika dirinya didapuk jadi Panglima TNI. Kala menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), ia mengaku cukup sering bersua dengan Raja Keraton Yogyakarta tersebut.

Hadi menyebut pertemuan malam ini sama sekali tak membincangkan permintaan Jokowi kepada Sultan untuk menjembatani pertemuan dengan Megawati.

Pembicaraan antara Hadi dan Sultan sebatas mengenai kondusivitas pascapelaksanaan Pemilu serta Pilpres 2024 dan bagaimana mempertahankannya hingga seluruh tahapan selesai demi kepentingan pembangunan ke depan.

“(Bahas mediasi Jokowi-Mega) ya enggak lah, saya hanya ngomong biasa saja sesuai dengan tugas yaitu saya menjaga stabilitas keamanan dan kondisi seperti ini lah yang harus kita pertahankan. Supaya rakyat juga tenang dan itu bagian dari tugas yang harus saya jaga, (topik) yang lain enggak ada,” ungkapnya.

Lebih jauh, Hadi juga mengungkap wejangan dari Sultan selaku tokoh senior untuk bagaimana ia menjalankan tugasnya sebagai Menko Polhukam nantinya.

“Intinya adalah menjaga keamanan dan Sultan juga sangat mendukung untuk tetap menjaga kondisivitas yang saat ini sedang berjalan yakni aman dan damai,” pungkasnya.

Kabar rencana pertemuan Jokowi dengan Megawati bermula dari pernyataan pakar militer Connie Rahakundini Bakrie. Dia menyebut Jokowi meminta Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk menjembatani pertemuan dengan Megawati.

Jokowi memang pernah menemui Sultan di Kraton Kilen, Kota Yogyakarta, DIY, Minggu (28/1). Namun, pertemuan digelar tertutup.

Sultan sendiri mengakui adanya permintaan dari Jokowi untuk memfasilitasi pertemuan dengan Megawati. Dia mengatakan siap menjadi penengah jika dibutuhkan.

“Betul, tapi, kan, saya nunggu Presiden. Kan, saya akan menjembatani, ya, terserah Presiden,” ungkap Sultan di Yogyakarta, Senin (12/2).

“Yang ambil inisiatif kan Bapak Presiden sendiri, ya terserah Bapak Presiden, mau perlu ketemu Mbak Mega yang mau saya fasilitasi,” ujarnya. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Transaksi Keuangan, Barang dan Jasa Selama FBIM dan FKN 2025 Capai Rp20 Miliar

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2024 berakhir, dan ditutup  Gubernur…