BREAKING NEWS! Gempa M 4,7 Guncang Banjarmasin, Terasa hingga Palangka Raya dan Sampit

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Selasa, 13 Februari 2024 13:14WIB
Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,7 mengguncang Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (13/2/2024)

 Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,7 mengguncang Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (13/2/2024). Menurut catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pukul 08.22 WIB.

Pusat gempa di darat dengan kedalaman 10 kilometer. Lokasi gempa berada pada titik koordinat 3,19 Lintang Selatan (LS) dan 115,12 Bujur Timur (BT).

“Pusat gempa berada di darat 19 km Timur Laut Banjarmasin, Kedlmn:10 Km,” tulis BMKG lewat akun X (Twitter) resmi mereka.

BMKG melaporkan gempa dirasakan dalam skala II-III MMI di Banjarmasin, Marabahan, Pulau Pisau, Palangka Raya dan Sampit.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas ll Syamsudin Noor Banjarmasin, Karmana menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas patahan Meratus. 

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Kota Banjarmasin, Kabupaten Tapin, Marabahan (Kabupaten  Barito Kuala) dirasakan III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Guncangan juga terjadi di Kota Sampit, Pulau Pisau dan Kota Palangka Raya II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ). 

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami,” kata Karmana.

Berkaitan hal itu masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Masyarakat juga diminta agar menghindar dari bangunan yang retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa. 

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa, yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” ujar Karmana. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur: Karnaval Budaya untuk Promosi Wisata dan Tumbuhkan Ekonomi Kreatif di Kalteng

Kalimantan Tengah menggelar Karnaval Festival Budaya Isen Mulang. Perhelatan akbar ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa…