Cerita Jokowi yang Pegang Payung Sendiri Ketika Kehujanan di Kalsel

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Jumat, 17 Maret 2023 14:57WIB
Presiden Joko Widodo memegang payung sendiri setiba di Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin, Kamis

Cuaca hujan menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan saat mendarat di Bandara Internasional Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), pada Kamis (16/3/2023) kemarin.

Ketika itu, Jokowi baru saja menempuh perjalanan udara dari Singapura dalam rangka kunjungan kerja. Dipantau dari siaran YouTube Sekretariat Presiden, Kepala Negara sempat memegang payungnya sendiri saat beranjak dari pesawat menuju mobil dinas Indonesia I yang akan membawanya.

Awalnya, Presiden Jokowi turun dari tangga pesawat yang masih diberi pelindung hujan. Kemudian, terlihat salah seorang anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sudah siap dengan payung hitam di bawah tangga pesawat.

Payung itu langsung diberikan ke Presiden Jokowi. Kepala Negara langsung memegang payung sendiri saat menyalami satu per satu pejabat yang menyambut kedatangannya. Mereka adalah Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Andi Rian Djajadi, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito, Danlantamal XIII Tarakan Laksma TNI Deni Herman, serta Danlanud Syamsudin Noor Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago.

Setelah itu, Presiden Jokowi berjalan ke mobil Indonesia I dengan tetap memegang payung sendiri. Tak lama, mantan Gubernur DKI Jakarta itu masuk ke dalam mobil. Presiden Jokowi dan rombongan kemudian langsung menuju hotel tempat bermalam untuk melanjutkan kegiatan kunjungan kerja pada Jumat (17/3/2023).

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan soal kebiasaan Jokowi yang kerap memegang payungnya sendiri. Menurutnya, Presiden Jokowi enggan diistimewakan sehingga memegang payung sendiri di berbagai kesempatan menjadi hal yang biasa dilakukan.

 “Pak Presiden memang biasa demikian. Tidak ingin diistimewakan. Sehingga, biasanya turun pesawat pegang payung sendiri. Juga ketika bersama Ibu Iriana,” ujar Bey, Jumat (17/3/2023).

Namun, pada saat-saat tertentu, misalnya ketika Presiden memberikan sambutan di bawah cuaca terik atau hujan maka payung dipegangi oleh Paspampres. “Kan tidak mungkin sambil pegang payung, sehingga payungnya dipegangi,” kata Bey.

Meski begitu, dalam beberapa kesempatan, Presiden Jokowi pernah secara spontan memegang payungnya sendiri sambil bersalaman. “Yang turun dari pesawat langsung salaman sering juga sambil pegang payung,” ujar Bey. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur: Karnaval Budaya untuk Promosi Wisata dan Tumbuhkan Ekonomi Kreatif di Kalteng

Kalimantan Tengah menggelar Karnaval Festival Budaya Isen Mulang. Perhelatan akbar ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa…