Daerah Diminta Antisipasi Banjir dan Tanah Longsor

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 6 Maret 2022 10:07WIB
Banjir yang pernah terjadi di sejumlah wilayah di Kalteng

Pemerintah Kabupaten Kota di Provinsi Kalimantan Tengah diminta untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan melakukan antisipasi terhadap dampak dari hidrometeorologi. Pada Maret 2022 ini, sejumlah di Kalteng berpotensi terjadi banjir tingkat menengah.

Berdasarkan data prakiraan potensi banjir dan gerakan tanah pada bulan Maret Tahun 2022 yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) serta Badan Informasi Geospasial (BIG) pada tanggal 13 Februari 2022 dan prakiraan potensi terjadi gerakan tanah pada Maret 2022 yang dikeluarkan Badan Geologi, Kementerian ESDM pada tanggal 25 Februari 2022, maka diperlukan upaya pencegahan dalam meminimalisasi dampak ancaman bencana banjir dan gerakan tanah (longsor) yang mungkin timbul.

“Prakiraan daerah potensi banjir di Provinsi Kalimantan Tengah diperkirakan terjadi pada Maret 2022 dengan kategori tingkat potensi banjir menengah dapat terjadi di Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, Gunung Mas, Kapuas, Katingan, Kota Palangka Raya, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Lamandau, Murung Raya, Pulang Pisau dan Seruyan,” ucap Kalaksa BPBPK Provinsi Kalteng Falery Tuwan, Sabtu (5/3/2022). 

Falery Tuwan meminta agar BPBD kabupaten dan kota serta instansi terkait untuk menyiapkan langkah-langkah dan upaya kesiapsiagaan guna mencegah dampak banjir dan tanah longsor serta kemungkinan lain yang dapat terjadi di daerah rawan. Warga diimbau agar benar-benar mewaspadai kenaikan debit air jika hujan intensitas tinggi terjadi lebih dari satu jam dan menyiapkan tas siaga bencana serta dokumen penting lainnya untuk segera dipindahkan ke tempat yang aman dari banjir.

“Saya mengimbau semua pihak melakukan upaya kewaspadaan dan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi dampak bahaya hidrometeorologi, seperti banjir yang bisa saja terjadi apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini,” tutupnya. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Telkomsel Raih Dua Penghargaan Internasional dari HR Asia Best Companies to Work for in Asia 2024

Telkomsel dinilai jadi tempat bekerja terbaik di Indonesia tiga tahun berturut-turut Telkomsel dinobatkan sebagai peraih…