Dahsyatnya Gempa Taiwan Lebih dari 1.000 Korban Luka, 48 Orang Hilang

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Kamis, 4 April 2024 16:33WIB
Gedung dan bangunan juga berguncang hebat di Taipei.

Jumlah korban luka akibat gempa bumi dahsyat yang mengguncang Taiwan pada Rabu (3/4) terus bertambah hingga melebihi 1.000 orang. Jumlah korban tewas masih sama, yakni sembilan orang, sedangkan puluhan orang lainnya termasuk para pekerja hotel di taman nasional setempat dilaporkan hilang.

Seperti dilansir, Kamis (4/4/2024), guncangan gempa yang dilaporkan oleh otoritas Taipei berkekuatan Magnitudo 7,2 — laporan USGS menyebut gempa di Taiwan berkekuatan Magnitudo 7,4 (sebelumnya dilaporkan Magnitudo 7,5) — tercatat sebagai gempa terkuat dalam 25 tahun terakhir di negara tersebut.

Petugas penyelematan mencari para korban

Gempa mengguncang pada Rabu (3/4) pagi saat orang-orang bersiap untuk berangkat kerja dan masuk sekolah. Pusat gempa dilaporkan ada di lepas pantai timur Taiwan, dekat dengan wilayah Hualien yang sebagian besar merupakan area pedesaan dan berpenduduk jarang.

 Gedung dan bangunan juga berguncang hebat di Taipei, namun kerusakan dan gangguan di ibu kota Taiwan itu tidak terlalu parah.

Kerusakan besar terjadi di Hualien dengan puluhan gedung ambruk atau dalam kondisi miring akibat gempa, yang menjadikannya tidak aman untuk ditinggali. Orang-orang dilaporkan terjebak di dalam gedung yang ambruk atau miring tersebut.

Alat berat dikerahkan untuk mencari korban reruntuhan

Departemen Pemadam Kebakaran Taiwan melaporkan jumlah korban luka saat ini mencapai 1.038 orang. Sekitar 48 orang lainnya, termasuk 42 pekerja hotel, dilaporkan masih hilang hingga saat ini.

Pusat komando penanggulangan bencana mengatakan pada Rabu (3/4) malam bahwa upaya pencarian terhadap puluhan pekerja hotel itu menjadi fokus utama. Para pekerja hotel itu menghilang dalam perjalanan ke tempat mereka bekerja di area Ngarai Taroko, sebuah taman nasional.

Otoritas setempat berencana mengerahkan drone dan helikopter untuk membantu upaya pencarian, dan menerjunkan pasokan jika mereka ditemukan. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…