Dekranasda Kalteng Promosikan Pakaian Adat Dayak ke KBRI Santiago-Chile

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Rabu, 30 Maret 2022 14:37WIB
Sekretaris Dekranasda Kalteng Sayid Zainudin menyerahkan Pakaian Adat Kalteng kepada Counsellor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Santiago-Chile Pratiwi Amperawati.

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Sekretaris Dekranasda Sayid Zainudin menyerahkan pakaian adat Kalteng kepada Counsellor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Santiago-Chile Pratiwi Amperawati di Kantor Kementerian Luar Negeri, di Jakarta, Senin (28/3/2022).

Beberapa waktu lalu, KBRI Santiago-Chile melakukan kontak dengan Dekranada Kalteng untuk bersama-sama saling mendukung dalam kegiatan promosi.

 “Sebagaimana diketahui, salah satu tugas pokok kedutaan besar republik indonesia adalah melakukan kegiatan promosi ekonomi, seni dan budaya,” ucap Sayid.

Sayid menjelaskan media promosi tersebut salah satunya memanfaatkan pakaian-pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia sebagai alat peraga.

 “KBRI Santiago-Chile beberapa waktu lalu melakukan kontak dengan kita untuk bersama-sama saling mendukung kegiatan promosi,” jelas Sayid.

Ketua Dekranasda Kalteng Ivo Sugianto Sabran melihat peluang promosi yang dilakukan oleh KBRI Santiago-Chile diberbagai kesempatan saat melaksanakan promosi, seni dan budaya. Kalteng mendukung sekaligus ikut berpartisipasi dengan menampilkan pakaian adat khas Kalteng.

“Pakaian adat Kalteng tersebut bertemakan Trofisia Borneo The Magical of Palangka Raya, terinspirasi dari keanekaragaman budaya dan kekayaan sumber daya alam Kalimantan Tengah dan juga menggambarkan air sungai hitam Sebangau sebagai sumber kehidupan suku Dayak,” tutur Sayid.

Pihaknya berharap KBRI Santiago-Chile dapat memberikan informasi kepada masyarakat Chile bahwa Kalteng mempunyai daya tarik tersendiri untuk dijadikan pilihan tujuan wisata, disinggung juga sedikit terkait potensi Sumber Daya Alam dan produk unggulan Kalteng untuk dapat di promosikan melalui International Trade Promotion Center (ITPC). ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Pemprov Kalteng Terima Bantuan Alat dan Mesin Pertanian Rp8 M Lebih dari Menteri Pertanian

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyerahkan bantuan untuk Provinsi Kalteng melalui program Kementerian Pertanian…