DISKUSI PUBLIK PWI KALTENG – Wagub Minta Pers Kedepankan Prinsip Saring Sebelum Sharing

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Kamis, 20 Juni 2024 15:57WIB
Diskusi Publik Jelang Pilkada Serentak Tahun 2024 yang digagas Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng bertajuk “Mengawal Pilkada Serentak Kalteng 2024, Pilkada Sukses Keamanan Terjaga” di Swissbellhotel-Danum, Kamis (20/6/2024).

Salah satu yang perlu diwaspadai dalam setiap pesta demokrasi, apalagi di tengah pesatnya digitalisasi dan media sosial adalah rawannya terjadi penyebaran hoax atau berita bohong, dan ujaran kebencian berbau SARA yang berpotensi memecah belah keutuhan masyarakat.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Edy Pratowo saat membacakan sambutan Gubernur pada pembukaan Diskusi Publik Jelang Pilkada Serentak Tahun 2024 yang digagas Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng bertajuk “Mengawal Pilkada Serentak Kalteng 2024, Pilkada Sukses Keamanan Terjaga” di Swissbellhotel-Danum, Kamis (20/6/2024).

Diskusi diikuti Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Puwanto, Kasrem mewakili Danrem 102/Pjg, Asisten Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi mewakili Kajati Kalteng, Wakil Rektor UPR, Ketua KPU Provinsi Kalteng Satriadi, Ketua Bawaslu Satriadi, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia, Ketua PWI Kalteng M. Zainal dan jajarannya, serta para Ketua PWI se-Kalteng.

Wagub menyambut baik dan menyampaikan apresiasi atas digelarnya Diskusi Publik tersebut. “Dukungan dan peran aktif seluruh elemen bangsa termasuk insan pers PWI mutlak diperlukan,” lanjutnya.

Terlebih lagi, keberadaan PWI diharapkan ikut serta meningkatkan partisipasi pemilih dan mencegah pemberitaan negatif sebagai upaya memperkuat legitimasi hasil Pilkada serentak tahun 2024.

“Di sini peran penting strategis insan pers, dalam menangkal dan mengklarifikasi hoaks serta mengedukasi masyarakat untuk mengedepankan: Saring sebelum Sharing,” terang Wagub.

Wagub mengimbau masyarakat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada serentak 27 November 2024, karena suara kita menentukan masa depan Kalteng 5 tahun ke depan.

Selain itu, Wagub mengajak dunia usaha untuk memberikan literasi seluruh karyawannya menggunakan hak suaranya turut mensejahterakan masyarakat di sekitar daerah investasinya.

Ketua Umum PWI Pusat Henry CH Bangun menekankan pers sebagai pilar keempat demokrasi. “Sebenarnya Pilkada itu baik-baik saja, yang harus diawasi justru penyelenggara Pemilunya,” ujarnya.

Untuk itu menurutnya, Pers menjadi pengawas, dengan tujuan agar Pemilu berhasil, terpilih Kepala Daerah bagi kemajuan daerah, partisipasi sangat tinggi bila pers berperan sangat baik pada setiap tahapan Pemilu. Pers memberi informasi pada pemilih rekam jejak masing-masing calon.

“Kami merasa pers sangat vital karena pers ini kalau independen dia tidak ada perasaan khawatir menyampaikan kebenaran agar Pilkada berlangsung sukses dalam segala hal karena tujuan Pilkada adalah melakukan suksesi secara legal sesuai aturan dan prinsip demokrasi serta harapan kita semua,” katanya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Kongres Dunia SUBUD Ke-16 di Palangka Raya

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) H. Edy Pratowo Hadiri dan Membuka acara Kongres Dunia…