Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Kota Palangka Raya Tergenang Air

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Rabu, 4 Mei 2022 16:57WIB
Halaman pemukiman warga yang terendam, akibat drainase tidak berfungsi dengan baik.

Hujan deras yang mengguyur sejak Selasa (3/5) malam hingga Rabu (4/5) pagi, menimbulkan sejumlah genangan di ruas jalan di Kota Palangka Raya.

Ruas Jalan Sisingamangaraja, Jalan Temanggung Tilung, Jalan Seth Adji, tinggi genangan air mencapai 25 cm lebih.

Bahkan disejumlah wilayah di Temanggung Tilung, seperti misalnya di Temanggung Tilung XV Ujung, genangan air tidak hanya merendam halaman, bahkan sampai masuk ke bagian belakang rumah warga.

‘’Kalau ditempat saya ini, hujan turun 1 jam saja, pasti terjadi genangan. Apalagi hujan yang turun hampir sampai satu malam, seperti saat ini,’’ ungkap warga Temanggung Tilung XV Ujung.

Menurut warga, kondisi ini terjadi akibat drainase yang ada tidak berfungsi, karena tertutup bangunan milik warga. Selain itu, drainase yang ada tidak dapat mengalirkan air ke drainase induk di Jalan Temanggung Tilung Raya, yang sudah direhab pada tahun anggaran 2020 lalu dengan nilai lebih dari Rp10 M.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Emi Abriyani mengungkapkan saat ini pihaknya terus mewaspadai potensi banjir kiriman dan kenaikan debit air, mengingat meningkatnya curah hujan dalam beberapa hari terakhir. 

“Berdasarkan pantauan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, belum ada terjadi kenaikan tinggi air di sungai yang signifikan. Namun kita harus meningkatkan kewaspadaan terkait potensi banjir kiriman dan genangan air,” kata Emi.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya, kondisi cuaca dalam beberapa waktu kedepan umumnya berawan hingga hujan ringan, dan berpotensi hujan sedang hingga lebat. 

Prakirawan Cuaca BMKG, Chandra Mukti Wijaya memprediksi potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir/kilat dan angin kencang masih akan terjadi dalam beberapa hari kedepan. Prospek tinggi gelombang mingguan di wilayah perairan selatan juga berpotensi sekitar 1.25 – 2.00 meter (Rendah – Sedang). ***

 

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Logo HUT Ke 67 Provinsi Kalteng 2024 Diluncurkan

Logo Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-67 Kalteng, diluncurkan dilakukan secara resmi oleh Wakil Gubernur (Wagub)…