IAIN Palangka Raya Tambah 2 Guru Besar

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Rabu, 7 September 2022 14:31WIB
Pengukuhan 2 guru besar IAIN Palangka Raya, Rabu.
  • Wagub Edy Pratowo : SDM Unggul Kunci Utama Pembangunan Daerah

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo menghadiri Sidang Senat Terbuka Pengukuhan Guru Besar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya,  di Aula IAIN Palangka Raya, Rabu (7/9/2022).

Sidang Senat Terbuka IAIN Palangka Raya dibuka secara resmi oleh Ketua Senat IAIN Palangka Raya Mazrur. 

Guru Besar IAIN Palangka Raya yang dikukuhkan yakni Ibnu Elmi A.S. Pelu sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hukum pada Fakultas Syariah dan Ahmad Dakhoir sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hukum Perdata Islam Pasca Sarjana IAIN Palangka Raya.

Prosesi pengukuhan dilanjutkan dengan pemasangan Baju Toga oleh Rektor IAIN Palangka Raya dan Pengalungan Gordon oleh Ketua Senat IAIN Palangka Raya.

Pengukuhan dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 28 September 2021 dan pada tanggal 24 Juni 2022.

Wagub H. Edy Pratowo membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan harapan dengan dikukuhkannya kedua guru besar ini akan semakin menggelorakan semangat terutama bagi Civitas Akademika IAIN Palangka Raya, untuk terus meningkatkan mutu pendidikan tingginya, sehingga mampu berkontribusi mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) Kalteng yang unggul dan berdaya saing tinggi. Lebih lanjut disampaikan, untuk memajukan pembangunan daerah, SDM unggul adalah kunci utama, agar dapat mengatasi berbagai tantangan dan kendala yang ada.

“Apalagi saat ini kita menyongsong akan dibangunnya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Jangan sampai kita hanya menjadi penonton, Kita harus mampu mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menangkap setiap peluang, menjadikan Kalimantan Tengah sebagai Daerah Penyangga utama IKN. Sekali lagi, kuncinya SDM Unggul, yang tentunya hanya akan tercipta melalui pendidikan berkualitas,” pungkas Wagub Edy Pratowo.

Rektor IAIN Palangka Raya H. Khairil Anwar dalam sambutannya menyampaikan kedua Guru Besar IAIN Palangka Raya yang dikukuhkan ini tentu menambah jumlah Guru Besar (Professor) di IAIN Palangka Raya. Sebagaimana diketahui, IAIN Palangka Raya saat ini sudah memiliki enam orang Professor.

“Tentu sangat menggembirakan, membanggakan sekaligus memberikan inspirasi dan memotivasi kepada calon-calon Professor lainnya di IAIN Palangka Raya yang sedang dan akan mengusulkan menjadi guru besar sehingga akan menduduki gelar Professor selanjutnya,” tandasnya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Komitmen Wujudkan Kalteng Bebas Kabut Asap Tahun 2024

Kepala Pelaksana BPBPK Kalteng Pimpin Apel Aktivasi Posko dan Pos Lapangan Satgas Pengendalian Karhutla Badan…