Ini Tempat Kelahiran Kami!

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Senin, 6 Maret 2023 13:47WIB
Tim terus melakukan pencarian terhadap korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang
  • Korban Kebakaran Depo Plumpang Tolak Direlokasi

Pemerintah berencana merelokasi Depo Pertamina Plumpang atau warga sekitar pascakebakaran yang menewaskan 19 orang. Warga korban kebakaran depo Plumpang menolak dipindah.

Salah satunya Mariani (40) yang tinggal di RW 01. Mariani mengaku kediamannya berdiri di tanah resmi.

“Ya ibaratnya kan, tanah sebelah sini kan resmi karena kalau di sini orang-orang di sini pada nggak mau dong (direlokasi). Kan ini tanah resmi. Kalau yang di dalam situ kan nggak, karena kita kan punya sertifikat tanah,” kata Mariani, kepada wartawan, di Jalan Tanah Merah Bawah, Rawabadak Selatan, Jakarta Utara, Senin (5/3/2023).

Mariani menuturkan belum lama mengurus pajak bumi dan bangunan (PBB) rumahnya. Dia menyebut sanak saudaranya juga menolak jika direlokasi dari daerah tersebut.

“Orang saya juga habis ngurusin belum lama. Habis ngurusin itunya, PBB-nya, semua sudah kelar semua. Semua saudara-saudara saya juga kurang terima kalau dipindahin,” imbuh dia.

Mariani meminta agar depo Pertamina Plumapng yang direlokasi. Dia menekankan daerah itu sudah menjadi tanah kelahirannya.

“Depo aja yang dipindahin, jangan di sini. Ini mah tempat kelahiran kita, makanya kita nggak mau (direlokasi). Kita lahir di sini,” kata Mariani.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) masalah ini bisa diberi solusi oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono.

“Kemudian yang kedua saya sudah perintahkan kepada menteri BUMN dan juga Gubernur DKI untuk segera mencari solusi dari kejadian yang terjadi di Plumpang,” ujar Jokowi di lokasi, Minggu (5/3).

Jokowi mengatakan zona lokasi memang terbilang bahaya. Dia berharap ada relokasi Depo Pertamina atau tempat tinggal warga.

“Terutama karena ini zona yang bahaya. Tidak bisa lagi ditinggali, tetapi harus ada solusinya. Bisa saja Plumpangnya digeser ke reklamasi, atau penduduknya yang digeser di relokasi. Saya kira akan diputuskan oleh Pertamina dan Gubernur DKI,” katanya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Widiya Kumala Wati, Volunteer dan Satgas PPA dari Kalteng, Terima Penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi Bidang Sosial Budaya

Widiya Kumala Wati volunteer dari berbagai organisasi dan Satgas PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) Provinsi Kalimantan…