‘Izin Bertahan Jenderal!’ Momen Dramatis Tim SAR ke Kapolda Jambi

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Senin, 20 Februari 2023 14:14WIB
Kondisi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan menunggu evakuasi di pegunungan Kerinci

Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dalam kondisi terbaring di tengah lebatnya Hutan Kerinci setelah helikopter yang ditumpanginya jatuh. Posisi Rusdi dan rombongan sudah diketahui, tetapi situasi masih belum memungkinkan untuk evakuasi.

Tim SAR yang menggunakan helikopter lantas mendistribusikan logistik terlebih dahulu agar Rusdi dan rombongan tidak kekurangan bahan makanan sebelum nantinya dievakuasi. Dari video yang didapat, Senin (20/2/2023), tampak momen-momen dramatis ketika tim SAR berkomunikasi dengan Rusdi.

Dalam video berdurasi 1 menit 9 detik, terlihat kru helikopter Polri mendistribusikan logistik berupa bahan-bahan makanan yang dikemas dalam bentuk kotak ke arah titik keberadaan Rusdi dan rombongan. Tim SAR meminta Rusdi bertahan.

“Mohon izin, bertahan, Jenderal. Hati-hati ranting pohon bisa patah kena angin heli. Mohon diantisipasi ranting pohon, dahan pohon bisa kena angin heli,” ujar pilot helikopter Polri tersebut.

Setelah melakukan distribusi bahan makanan, kru helikopter ini kembali ke Jambi. Pilot berkali-kali meminta Irjen Rusdi untuk bertahan.

“Mohon izin, Jenderal, kami kembali ke Jambi, Jenderal. Bertahan, Jenderal, Komandan, mohon izin,” seru pilot heli itu lagi.

Untuk diketahui, evakuasi via udara rombongan helikopter Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono yang jatuh di hutan Kerinci, Jambi, belum bisa dilakukan. Sebab, kondisi perbukitan di lokasi dalam kabut tebal.

“Dari udara itu sekitar jam 09.00 WIB, itu tim sudah sampai udara sekitar lokasi. Tim mengalami kendala kabut yang cukup besar dan tebal sehingga kita tidak bisa lakukan hovering di lokasi tersebut,” kata Humas Basarnas Jambi, Lutfi, Senin (20/2).

Dengan kondisi kabut itu, tim SAR dalam helikopter tersebut kembali ke Bangko, Merangin. Mereka sekaligus melakukan pengisian bahan bakar. Sementara itu, tim SAR yang melalui jalur darat sedang mendekat.

“Tim dari darat itu terdengar suara. Kemungkinan jarak sudah dekat 300 sampai 500 meter. Kita masih menunggu informasi selanjutnya,” ujarnya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Widiya Kumala Wati, Volunteer dan Satgas PPA dari Kalteng, Terima Penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi Bidang Sosial Budaya

Widiya Kumala Wati volunteer dari berbagai organisasi dan Satgas PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) Provinsi Kalimantan…