Kabar Baik, WHO Sebut Akhir Pandemi COVID-19 Sudah di Depan Mata!

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Kamis, 15 September 2022 10:59WIB
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebryesus

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut akhir dari pandemi COVID-19 kini sudah di depan mata. Namun untuk itu, negara-negara masih harus melanjutan upaya penanganan virus Corona, yang diketahui telah menewaskan lebih dari enam juta orang di dunia.

“Kita belum ada di sana (akhir pandemi COVID-19). Tapi akhir sudah di depan mata,” ujar Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus di konferensi pers virtual, Kamis (15/9/2022).

Diketahui, komentar tersebut menjadi pernyataan WHO paling optimistis sejak menyatakan COVID-19 sebagai darurat internasional. Mengingat, virus Corona telah menewaskan hampir 6,5 juta orang dan menginfeksi 606 juta orang. Pandemi COVID-19 juga secara luar biasa berimbas pada ekonomi global dan sistem perawatan kesehatan.

Seiring itu, WHO memperingatkan kemungkinan gelombang varian Corona baru di waktu mendatang. Walhasil, negara-negara perlu menjaga pasokan peralatan mefis dan petugas kesehatan yang memadai.

“Kami memperkirakan akan ada gelombang infeksi di masa depan, berpotensi pada titik waktu yang berbeda di seluruh dunia yang disebabkan oleh subvarian Omicron yang berbeda atau bahkan varian yang berbeda,” beber ahli epidemiologi senior WHO Maria Van Kerkhove.

Peluncuran vaksin COVID-19 telah membantu menekan keparahan penyakit. WHO mencatat, kematian akibat COVID-19 pekan lalu adalah yang terendah sejak Maret 2020. Namun, negara-negara didesak untuk kembali mencermati kebijakan terkait penanganan COVID19 sebagai antisipasi menghadapi berkembangnya virus Corona di waktu mendatang. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

MK Juga Tolak Gugatan Hasil Pilpres 2024 dari Ganjar-Mahfud!

Mahkamah Konstitusi (MK) juga menolak permohonan sengketa hasil Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang diajukan…