Kapolri: Tidak Ada Peristiwa Tembak-Menembak di kasus Brigadir J

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Selasa, 9 Agustus 2022 19:20WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan tidak ada tembak-menembak dalam kasus kematian Brigadir J di kediaman dinas mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo.

“Ditemukan perkembangan baru, bahwa tidak ditemukan fakta peristiwa tembak-menembak,” kata Listyo Sigit, Selasa, 9 Agustus 2022, di Mabes Polri, Jakarta. Dia mengatakan, yang ada adalah peristiwa penembakan terhadap Brigadir J.

Listyo juga mengatakan Timsus telah menetapkan Ferdy Sambo sebagai tersangka.

Ihwal bertambahnya tersangka kasus Brigadir J ini telah diungkapkan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md. Dia sempat memberikan sinyal adanya tersangka baru itu pada Senin kemarin.

“Tersangkanya sudah tiga, tersangka tiga, itu bisa berkembang,” kata Mahfud Md, Senin, 8 Agustus 2022.

Akan tetapi Tersangka ketiga yang disebut Mahfud Md adalah Kuat alias K. Dia adalah supir dari istri Ferdy, Putri Candrawathi. 

Polisi sebelumnya telah menetapkan Bharada E dan Brigadir Ricky Rizal sebagai tersangka dalam kasus ini. Bharada E dijerat dengan passal 338 tentang pembunuhan dengan sengaja KUHP juncto Pasal 55 dan 56 KUHP sementara Ricky dijerat dengan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

Pengacara Bharada E, Muhammad Burhanuddin, juga menyatakan akan ada tersangka baru setelah tim khusus melakukan gelar perkara Selasa dini hari tadi. “Mungkin ada tersangka baru,” kata Burhanuddin dini hari tadi.

Peran Ferdy Sambo dalam kematian Brigadir J terungkap dalam keterangan terbaru Bharada E. Dalam keterangan itu, dia mencabut pernyataan soal baku tembak dengan Yosua di kediaman Ferdy pada 8 Juli 2022. 

Bharada E menyatakan bahwa dirinya turun dari lantai dua karena mendengar kegaduhan di lantai satu. Sesampainya di bawah, dia mengaku melihat Ferdy Sambo sedang memegang pistol sementara Brigadir J sudah terkapar bersimbah darah. Dia juga mengaku sempat menembak Yosua atas perintah Ferdy. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Logo HUT Ke 67 Provinsi Kalteng 2024 Diluncurkan

Logo Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-67 Kalteng, diluncurkan dilakukan secara resmi oleh Wakil Gubernur (Wagub)…