Kemendikbudristek RI Minta Pembongkaran Gedung KONI Kalteng DITUNDA!

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Jumat, 1 Maret 2024 16:33WIB
Tunda pembongkaran Gedung KONI Kalteng
  • Rencana pembongkaran gedung KONI Kalteng kawasan Bundaran Besar Palangka Raya yang selanjutnya akan dijadikan kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) oleh Pemprov Kalteng, menjadi perbincangan warga Kota Palangka Raya khususnya dan Provinsi Kalimantan Tengah umumnya.
  • Mantan Plt Ketua KONI Kalteng Christian Sancho dengan tegas menolak rencana tersebut. Sancho menilai Gedung KONI Kalteng memiliki nilai sejarah penting.
  • Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang.Teras Narang mengatakan sebaiknya gedung KONI tidak dibongkar dan sebaliknya ditata, agar menyatu dalam desain RTH yang direncanakan
  • Kemendikbudristek RI melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan melalui Surat Nomor 2288/F.F4/KB.09.09/2024 tertanggal 29 Februari 2024 meminta Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, agar menunda rencana pembongkaran gedung KONI Kalteng.

Rencana pembongkaran gedung KONI Kalteng kawasan Bundaran Besar Palangka Raya yang selanjutnya akan dijadikan kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) oleh Pemprov Kalteng, menjadi perbincangan warga Kota Palangka Raya khususnya dan Provinsi Kalimantan Tengah umumnya.

Mantan Plt Ketua KONI Kalteng Christian Sancho salah seorang yang dengan tegas menolak rencana tersebut. Menurut Sancho Gedung KONI Kalteng sudah berdiri sejak didirikannya Provinsi Kalteng ketika masa zaman Tjilik Riwut menjadi Gubernur Kalteng, sehingga Gedung KONI Kalteng memiliki nilai sejarah penting.

Untuk itu Sancho berharap Pemprov Kalteng bisa mempertimbangkan rencana memusnahkan Gedung KONI Kalteng, karena banyak makna serta arti sejarah yang terkandung sejak gedung tersebut berdiri pada masa silam. 

Gedung KONI Kalteng gedung yang mempunyai nilai sejarah

Respon juga datang dari Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang. DPD RI Dapil Kalteng tersebut mengirimkan surat terkait pembongkaran gedung KONI Kalteng agar dibatalkan.

Teras Narang mengatakan sebaiknya gedung KONI tidak dibongkar dan sebaliknya ditata, agar menyatu dalam desain RTH yang direncanakan. Hal itu mengingat gedung KONI bukan sekedar bangunan biasa, melainkan menjadi bagian bersejarah bagi provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini.

Di mana bangunan ini dahulu adalah Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang pertama. Kemudian menjadi gedung para pegiat olahraga kita di KONI yang mendesain kemajuan serta membangkitkan semangat pembangunan sumber daya manusia lewat olahraga. 

“Termasuk juga merupakan wadah untuk mengenang dan menghormati nilai kesejarahan masa lalu, yang membentuk masa kini,” kata Anggota DPD RI itu.

Dia berharap seraya meminta kepada Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, agar gedung ini tidak dibongkar, dan bila perlu dilakukan pemugaran, dengan tetap mempertahankan keutuhan aslinya.

Copy Surat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Direktorat Jenderal Kebudayaan melalui Surat Nomor 2288/F.F4/KB.09.09/2024 tertanggal 29 Februari 2024 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Direktorat Jenderal Kebudayaan melalui Surat Nomor 2288/F.F4/KB.09.09/2024 tertanggal 29 Februari 2024 meminta Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, agar menunda rencana pembongkaran gedung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang berada di sekitar Bundaran Besar Kota Palangka Raya.

Ada tiga poin isi surat Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek tersebut. Di mana poin pertama, gedung KONI di Bundaran Besar Kota Palangka Raya telah masuk daftar objek diduga cagar budaya dengan potensi ditetapkan menjadi cagar budaya.

Kedua, sesuai Undang-undang No 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya, maka selama dalam proses pengkajian, setiap objek diduga cagar budaya yang didaftarkan, akan dilindungi dan diperlakukan sebagai cagar budaya.

Ketiga, agar rencana terkait gedung KONI tersebut ditunda hingga ada pertemuan dengan Tim Ahli Cagar Budaya Nasional. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

FBIM Kalteng 2024 – Kabupaten Lamandau Juara I Putra, Barito Utara I Putri Lomba Manyipet

Lomba Manyipet pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) untuk…