Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Dimakamkan secara Militer Dipimpin Menko Muhadjir Effendy

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Selasa, 20 September 2022 10:54WIB
Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dimakamkan

Ketua Dewan Pers Profesor Azyumardi Azra dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Selasa (20/9/2022).

Sebelumnya, jenazah Prof Azyumardi Azra disalatkan oleh ribuan orang yang terdiri dari mahasiswa, aktivis, akademisi, serta sanak keluarga di auditorium UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy, memimpin upacara pemakaman cendikiawan muslim tersebut.

Prajurit penembak Salvo melepaskan satu kali peluru ke arah udara dilanjutkan alunan pukulan drum mengiringi penurunan peti jenazah ke liang lahat.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy, kemudian menimbun liang lahat dengan tanah secara simbolis.

Sejumlah pelayat hadir memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum. Mereka duduk di bawah tenda putih yang tersedia di dekat area makam. Tokoh-tokoh negara tampak mengikuti prosesi pemakaman.

Ada Lukman Hakim Saifuddin, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Agus Harimurti Yudhoyono, Jusuf Kalla.

Prosesi pemakaman ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Profesor Azyumardi Azra wafat pada Minggu, 18 September 2022, pukul 12.30 waktu setempat di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia.

Sebelum meninggal, Azyumardi sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit (RS) Serdang, Selangor, setelah sesak nafas saat dalam penerbangan dari Jakarta menuju Kuala Lumpur pada Jumat 16 September 2022. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Pemko Palangka Raya – PT PLN (Persero) UIW Kalselteng Tandatangani Kerja Sama

Pemerintah Kota Palangka Raya dan PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan…