Komisi IX DPR RI Tinjau RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Selasa, 19 April 2022 16:09WIB
Tim Komisi IX DPR RI meninjau RSUD dr Doris Silvanus Palangka Raya.

Direktur RSUD Doris Sylvanus, Yayu Indriaty beserta Jajaran menyambut kedatangan Tim Komisi IX DPR RI yang dipimpin Felly Estelita Runtuwene, Senin (18/4/2022) malam.

Kunjungan yang dilakukan oleh Komisi IX DPR RI pada prinsipnya berkonsentrasi pada pada pelayanan pasien BPJS dan BPJS Ketenagakerjaan. Mereka membahas terkait penjaminan masyarakat melalui dua system itu dan beberapa permasalahan yang dihadapi pihak RSUD.

Yayu Indriaty mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Komisi IX DPR RI dengan menyampaikan kondisi RS dari sisi SDM, fasilitas, dan pelayanan.

“Jadi kunjungan yang dilakukan oleh Tim Reses Komisi IX DPR RI, kita sudah berkoordinasi dengan menyampaikan kondisi RS dari sisi SDM, fasilitas kemudian Pelayanan. Kita membahas juga terkait penjaminan masyarakat melalui dua system itu dan beberapa permasalahan yang kita hadapi juga kita sampaikan kepada mereka,” tutur Yayu.

Lebih lanjut Yayu membeberkan, terkait fasilitas yang ada di RS pada prinsipnya, RSUD Doris sudah berkomunikasi, bagaimana keadaan RS apabila menyesuaikan dengan regulasi yang akan ditetapkan oleh Pemerintah terkait dengan kelas, rawat inap standar.

“Untuk menuju standar rawat inap tersebut tentu diperlukan standar-standar tertentu yang harus dipenuhi oleh RS dari sisi fasilitasnya terutama SDM nya dan standar pelayanan minimal yang ada. Tentu saja ini membutuhkan upaya-upaya terpadu dari RS dan dengan dukungan dari Pemerintah Daerah,” bebernya.

Yayu berharap bahwa regulasi yang ada tersebut bisa dicapai. Tentu saja pihaknya juga meminta dukungan dari Komisi IX DPR RI dari sisi regulasi karena pasti akan ada penyesuaian-penyesuaian terkait dengan pencapaian standar tersebut.

“Kami berharap teman-teman dari Anggota Dewan juga memikirkan bagaimana dari sisi pemenuhan kebutuhan SDM secara global kemudian pendanaan kemudian dari sisi kualitas klaim dengan BPJS Kesehatan, Kerjasama kita selama ini. Agar semuanya saling bersinergi dalam tatanan pelayanan Kesehatan, kelas standar itu bisa tercapai dengan dukungan semua pihak. Tapi pada prinsipnya RS siap,” imbuh Yayu.

Selanjutnya Komisi IX DPR RI dalam kunjungan sempat meninjau salah satu ruang rawat inap. Yang mana ruang rawat inap itu masih di Gedung lama.

“Kami ingin sampaikan, Gedung lama ini nanti pada tahun 2023 akan jadi pusat unit stroke/ pelayanan penyakit stroke di rumah sakit. Mudah-mudahan terealisasi karena perencananya sudah ada. Kami juga mengharap dukungan dari Komisi IX DPR RI semoga bisa membantu RSUD Doris Sylvanus,” pungkasnya. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Komitmen Wujudkan Kalteng Bebas Kabut Asap Tahun 2024

Kepala Pelaksana BPBPK Kalteng Pimpin Apel Aktivasi Posko dan Pos Lapangan Satgas Pengendalian Karhutla Badan…