Kontingen Kalteng Targetkan Hasil Maksimal di Pesparawi XIII Tingkat Nasional Yogyakarta

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Rabu, 8 Juni 2022 11:02WIB
Kontingen Pesparawi Provinsi Kalteng terus melakukan latihan menghadapi Pesparawi XIII Tingkat Nasional di Yogyakarta.

Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Kalteng bersama LPP kabupaten dan kota se Kalteng, terus mematangkan persiapan guna mengikuti Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) XIII Tingkat Nasional 2022, yang akan digelar di Yogyakarta pada 19-26 Juni 2022.

Kontingen Kalteng, bertekat meraih hasil maksimal. Jika saat Pesparawi sebelumnya Kalteng menempati peringkat ke empat nasional, maka di tahun ini diharapkan bisa meraih hasil lebih baik dari itu.

Ketua Umum LPPD Kalteng, Guntur Talajan mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah menyiapkan sejumlah agenda yang dilaksanakan sebelum keberangkatan peserta atau kontingen Pesparawi Kalteng ke Yogyakarta.

“Agenda ini nantinya merupakan satu rangkaian acara pelepasan kontingen Pesparawi Kalteng, dimana akan dilaksanakan konser akbar dan training center,”katanya.

Disampaikan Guntur, sebelum keberangkatan ke Yogyakarta, maka dijadwalkan pada 18 Juni 2022, seluruh tim peserta dari kabupaten dan kota berkumpul di Kota Palangka Raya mengikuti training center disalah satu hotel, sekaligus persiapan konser akbar.

“LPPD Kalteng sudah membentuk pelaksana tugas yang akan mengatur waktu, tempat konser akbar, training center dan acara pelepasan, hingga keperluan kontingen di Yogyakarta. Semoga Kalteng dapat meraih hasil maksimal pada Pesparawi nasional yang digelar 19-26 Juni 2022 di Yogyakarta,”harapnya.

Untuk itu, Guntur Talajan mengharapkan Tim Pesparawi Kalteng dapat terus menjaga kesehatan sebelum berangkat ataupun saat berlaga dalam Pesparawi Nasional nantinya.

“Kontingen Kalteng akan menginap di tiga hotel berbintang empat yang telah disediakan, tidak jauh dari tempat penyelenggaraan kegiatan. Sebelum perlombaan, peserta atau penyanyi dan tim langsung dikarantina. Artinya tidak boleh keluar dari hotel,” ungkapnya, Rabu  (8/6/2022).

Guntur menjelaskan, aturan tersebut berdasarkan hasil dari rakornas beberapa waktu lalu, sehingga harus ditaati bersama karena keputusan ini diambil oleh EO pusat dan panitia daerah.

“Iya, itu aturan hasil rakornas kemarin, dengan EO pusat maupun panitia daerah. Jadi harus ditaati bersama, bahwa tim inti yang terdiri dari pelatih, penyanyi dan dirigen langsung dikarantina,” ujarnya.

Sebelum keberangkatan kontingen, maka LPPD Kalteng nantinya akan menggelar konser akbar dan training center di Palangka Raya untuk 12 mata lomba. Agenda ini merupakan satu rangkaian acara pelepasan kontingen Pesparawi Kalteng.

Terpisah, Ketua Lembaga Pengembangan Pesparawi (LPP) Kota Palangka Raya, Aratuni Djaban, mengatakan, pada Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) XIII Tingkat Nasional 2022, di Yogyakarta, maka Kota Palangka Raya mengirimkan peserta untuk dua kategori lomba, yakni Paduan Suara Dewasa Campuran (PSDC) dan Musik Gerejawi Nusantara (MGN).

Dikatakan, dari semua Kabupaten dan Kota di Kalteng maka Kota Palangka Raya dipercaya mengikuti dan menampilkan dua kategori lomba dalam Pesparawi Nasional tersebut. “Kami terus memantapkan latihan PSDC dan MGN ini,”ungkap Aratuni Djaban.

Setidaknya lanjut dia, ada dua kali ujicoba lagi untuk melihat progres dari capaian latihan PSDC dan MGN tersebut, yakni di gereja pada hari Minggu tanggal 5 dan 12, atau sebelum konser akbar yang digelar LPPD Kalteng.

“PSDC itu sendiri membawakan tiga lagu yakni wajib, pilihan terikat dan pilihan bebas. Sedangkan MGN membawakan lagu etnik Kalteng dan etnik Ambon. Karena kita di bagian barat jadi pilihannya etnik bagian tengah dan timur. Jadi kita bawakan etnik Ambon,”sebut Aratuni. ***

 

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Logo HUT Ke 67 Provinsi Kalteng 2024 Diluncurkan

Logo Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-67 Kalteng, diluncurkan dilakukan secara resmi oleh Wakil Gubernur (Wagub)…