Maroko Menang Lawan Portugal, Orang Arab: Ini Kemenangan Kami!

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 11 Desember 2022 14:54WIB
Superter Maroko merayakan kemenangan Maroko yang berhasil masuk semi final Piala Dunia 2022

Maroko menang atas Portugal 1-0. Maroko menjadi negara Arab pertama yang lolos ke semifinal.

Kemenangan Maroko begitu lama dinantikan, setelah 92 tahun sejarah Piala Dunia. Warga Kota Casablanca di Maroko Barat merayakan kemenangan ini dengan turun ke jalan.

“Ini benar-benar mengejutkan. Orang-orang menari, merayakannya dan terus berlanjut sepanjang malam,” kata Nicolas Haque kata wartawan Al-Jazeera.

Kemenangan Maroko bukan hanya milik Maroko. Di pundak Maroko, ada Afrika dan Arab yang juga ikut senang dengan prestasi ini. Jalur Gaza jadi salah satunya.

Warga Gaza berkumpul di aula olahraga terbesar di sana. Ribuan orang bersorak mendukung Maroko. Mereka mengatakan, kemenangan Maroko adalah untuk semua negara Arab.

“Mereka berteriak, mereka bertepuk tangan, mereka menabuh genderang, mereka bernyanyi. Dan kemudian dengan peluit akhir, ribuan orang turun ke jalan untuk memulai perayaan mereka dan untuk menunjukkan dukungan, kegembiraan dan kebahagiaan mereka untuk Maroko,” Youmna ElSayed, reporter Al Jazeera dari Gaza.

“Lusinan penggemar yang kami ajak bicara malam ini memberi tahu kami betapa pentingnya pertandingan ini bagi mereka,” tambah ElSayed.

“Orang-orang di sini sedang merayakan kemenangan, dan mereka akan terus merayakannya dalam semalam,” kata Mahmoud Abdelwahed dari Al Jazeera, melaporkan dari Baghdad.

Mereka bilang kemenangan ini sangat simbolis karena bukan hanya untuk Maroko tapi untuk seluruh benua Afrika, seluruh dunia Arab, dan seluruh kawasan Timur Tengah.

“Orang-orang sangat bersemangat. Mereka mengatakan perasaan hari ini seolah-olah Irak telah memenangkan pertandingan ini.”. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Pemprov Segera Launching Logo Resmi Hari Jadi Ke 67 Provinsi Kalteng Tahun 2024

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) akan segera me-launching logo Hari Jadi Ke-67 Provinsi Kalteng…