Masyarakat Desa Waringin Agung, Antang Kalang Kotim Gugat PT BUM

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Sabtu, 8 April 2023 19:56WIB
Masyarakat Desa Waringin Agung, Antang Kalang, Kotim menggugat PT BUM
  • Minta Lahan Sawit Warga yang Digarap Perusahaan Dikembalikan

Masyarakat Desa Waringin Agung, Kecamatan Antang Kalang Kotim, melayangkan gugatan ke perkebunan kelapa sawit, ke PT Bangkitgiat Usaha Mandiri (BUM), anak usaha dari NT Corps, agar lahan mereka, yang merupakan lahan dari program transmigrasi, yang telah diambil perusahaan dikembalikan.

Gugatan tersebut mulai bergulir di Pengadilan Negeri Sampit.

Kuasa hukum masyarakat Desa Waringin Agung, Melkianus mengungkapkan, persidangan yang dilakukan pada Kamis (6/4/2023) masih perdana, hanya saja tergugat I (PT BUM) belum hadir, sehingga sidang ditunda sampai tanggal 11 Mei 2023.

Melkianus menjelaskan, persoalan tersebut berawal dari sikap PT BUM yang menguasai dan menanam areal sekitar 104 hektare di lahan masyarakat, padahal lahan itu telah diserahkan pemerintah kepada Desa Waringin Agung.

”Tanah itu adalah cadangan transmigrasi yang sudah diserahkan Departemen Transmigrasi dan sekarang masuk wilayah Desa Waringin Agung. Lahan tersebut hak sepenuhnya desa dan itu diberikan negara. Hak desa atas lahan itu seluas 103 hektare,” ujar Melkianus.

Lebih lanjut kata Melkianus, perjuangan warga desa tidaklah mudah. Sejak 2014,masyarakat terus berjuang agar lahan itu dikembalikan kepada Desa Waringin Agung, namun selalu menemui jalan buntu. Lahan tersebut kini telah ditanami kelapa sawit.

Di sisi lain, pihak perusahaan tidak merasa lahan tersebut milik masyarakat desa. PT BUM mengklaim lahan tersebut dengan modal izin dan dokumen lainnya.

Kepala Desa Waringin Agung, Muhadi menegaskan, pihaknya hanya mempertahankan hak desa yang lebih dulu diberikan oleh pemerintah. ”Lahan itu milik kami berdasarkan surat-surat yang sudah ada,” ujarnya. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Transaksi Keuangan, Barang dan Jasa Selama FBIM dan FKN 2025 Capai Rp20 Miliar

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2024 berakhir, dan ditutup  Gubernur…