Mentan; Food Estate Bukan Proyek yang Memiliki Target

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 27 November 2022 16:06WIB
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasil Limpo melakukan tanam padi di Desa Bentuk Jaya A5 Dadahup, Kapuas

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, Food Estate ini bukanlah proyek yang memiliki target, tetapi budidaya yang berproses dalam jangka waktu yang lama. 

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo mengemukakan disela kunjungan ke Kawasan Food Estate Kalteng, dalam rangka percepatan tanam lahan ekstensifikasi Food Estate di Desa Bentuk Jaya A5 Dadahup, Kabupaten Kapuas, Sabtu (26/11/2022).

Hadir Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Ali Jamil, Dirjen Tanaman Pangan Suwandi, Dirjen Perkebunan Andy Nur Alamsyah, Danrem 102/pjg Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, dan Kepala Dinas TPHP Prov. Kalteng Hj. Sunarti.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan penanaman padi Varietas Inpari 32, dimana benihnya berasal dari penangkar lokal Kalteng sehingga sudah adaptif agroklimat rawa.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan, lahan yang ada di Dadahup tersebut memiliki keasaman atau tingkat pH yang sangat rendah sehingga menyebabkan produktivitas padi yang tidak terlalu tinggi. 

“Hal ini lagi kita benahi dan agenda ini harus tetap berlanjut, kita tidak bisa melihat hasilnya dalam satu dua tahun ini, tetapi masa depan lah yang harus kita persiapkan untuk ketahanan pangan Indonesia,” ujarnya. 

Ia menyebut lahan yang digunakan ini tidak termasuk dalam lahan rawa gambut yang dilindungi. “Lahan di sini debit airnya naik turun tergantung cuaca dan itu sangat dinamis sekali. Kita baru belajar satu dua tahun dan hasilnya cukup bagus. Oleh karena itu kita harapkan lahan ini tidak hanya ditanam padi dan jagung saja, tetapi juga kelapa dan buah-buahan lainnya,” jelasnya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Ajukan Mundur dari Wali Kota Solo, Gibran Langsung Kemasi Barang

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka langsung mengemasi barang-barangnya di Balai Kota Solo, Selasa (16/7/2024)….