Optimis Provinsi Kalteng Akan Menjadi Provinsi Besar dan Kaya

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Senin, 21 Februari 2022 20:49WIB
Ketua Tim Ahli Universitas Gajah Mada, Haidar Alwi.

Ketua Tim Ahli Universitas Gadjah Mada (UGM), Haidar Alwi mengatakan sangat optimis Prov. Kalteng akan menjadi suatu Provinsi besar dan kaya serta masyarakatnya akan sejahtera di semua leading sektor.

Hal itu ia sampaikan dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Pemprov. Kalteng dengan Tim Ahli Universitas Gadjah Mada (UGM) Tentang Percepatan Pembangunan Kalteng, di Aula Jayang Tingang, Lantai II Kantor Gubernur Kalteng, Senin (21/2/2022).

“Nah kita melihat di bola bumi atau Globe bola dunia, ternyata indonesia kita ini sepertiga dari batas laut dan darat. Saya melihat, indonesia terletak di sepertiga poros bumi,” ucapnya.

Dari sepertiga poros bumi itu lanjutnya, utamanya ada di Prov. Kalteng. Artinya Sumber Daya Alam mineral di dunia ini sepertiga ada di Indonesia. “Untuk itu Kalteng harus menjadi leading daripada provinsi-provinsi yang lain dari sisi tambang dan lain-lain. Karena saya melihat Kalteng kaya akan batubara, emas, biji besi dan lain sebagainya,” tambahnya.

Untuk itu ia mengimbau agar Prov. Kalteng membentuk Tim dalam mendukung Percepatan Pembangunan di Kalteng. “Saya yakin dengan keikhlasan untuk membangun Kalteng bersama, akan berhasil dengan melihat potensi yang luar biasa di Kalteng.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur H. Sugianto Sabran mengatakan, terobosan-terobosan dan inovasi harus terus dilakukan, hal ini juga mengingat dimasa pandemi  COVID-19 dana transfer dari pusat ke daerah cenderung terjadi pengurangan, sehingga Pendapatan Asli Daerah menjadi satu-satunya sumber pembiayaan pembangunan yang diandalkan sebagai penopang pembiayaan pembangunan prioritas, diantaranya bidang infrastruktur, kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan sektor strategis lainnya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Logo HUT Ke 67 Provinsi Kalteng 2024 Diluncurkan

Logo Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-67 Kalteng, diluncurkan dilakukan secara resmi oleh Wakil Gubernur (Wagub)…