Pemprov Kalteng Rencanakan Bangun Jaringan Kereta Api di Lima Rute

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Kamis, 28 April 2022 18:07WIB
Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama Pemprov Kalteng dengan PT INKA Persero.

-Wagub Edy Pratowo Lakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pemprov. Kalteng dengan PT. INKA Persero

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menghadiri Acara Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (MoU) antara Pemprov. Kalteng dengan PT. Industri Kereta Api (INKA) Persero Tentang Rencana Penyelenggaraan Proyek Perkeretaapian di Kalteng, secara Hybrid di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (27/4/2022).

Edy Pratowo membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengatakan dalam rangka pembangunan transportasi perkeretaapian di Kalteng yang telah tercatum di dalam rencana tata ruang dan wilayah Prov. Kalteng Tahun 2015-2035, Pemprov. Kalteng telah merencanakan pengembangan sistem jaringan transportasi perkeretaapian yang terdiri dari 5 rute yang memiliki potensi dalam membantu peningkatan perekonomian dan kemudahan mobilitas bagi masyarakat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjutnya, tentunya membutuhkan sebuah proses perencanaan yang betul-betul tepat dan komprehensif agar upaya pengembangan jaringan perkeretaapian dapat menciptakan, antara lain : Keharmonisan antara jaringan jalur kereta api dan perencanaan tata ruang wilayah sesuai tatarannya;

Keterpaduan pengendalian pemanfaatan ruang untuk jaringan jalur kereta api dalam rangka perlindungan fungsi ruang dan pencegahan dampak negatif terhadap lingkungan akibat pembangunan jalur kereta api;

Keterpaduan jaringan jalur kereta api sebagai satu kesatuan sistem jaringan transportasi daerah, sehingga mempermudah dan memperlancar pelayanan angkutan orang dan/atau barang; serta Efisiensi penyelenggaraan perkeretaapian.

Edy menjelaskan, Pemprov. Kalteng sangat menyambut baik inisiasi yang dilakukan oleh PT. INKA Persero untuk membantu dan bersinergi dengan Pemprov. Kalteng dalam melakukan kajian rencana penyelenggaraan proyek perkeretaapian di Prov. Kalteng sebagaimana telah ditegaskan dalam tata ruang dan wilayah Prov. Kalteng.

“Apa yang kita laksanakan saat ini adalah sebagai bentuk komitmen Pemda membuka ruang dan peluang kepada setiap investor yang akan mengembangkan rencana jaringan transportasi perkeretaapian yang ada di Kalteng, dengan mengikuti setiap ketentuan yang berlaku sehingga pelayanan perkeretaapian dapat menjamin keselamatan, keamanan, kenyamanan, cepat dan terjangkau untuk masyarakat,” kata Edy.

Edy menambahkan, melalui kajian bersama yang dilakukan mulai saat ini, akan menghasilkan dokumen perencanaan jaringan transportasi perkeretaapian yang akan memberikan rekomendasi terkait pola konektivitas yang makin baik. Sehingga mobilitas masyarakat akan makin mudah dan lancar, serta titik-titik perekonomian baru akan tumbuh.

Direktur Utama PT. INKA Persero Budi Noviantoro dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Pemprov. Kalteng atas respon yang baik dengan dibuktikannya hari ini melaksanakan penandatangan MoU untuk pembangunan jalur kereta api dari Puruk Cahu sampai ke Tanjung Kalsel.

“Atas nama seluruh Jajaran Direksi dan komisaris PT. INKA Persero kami meminta dukungan dan bantuan kepada Pemprov. Kalteng dan pihak-pihak terkait agar kita bisa segera memulai proses-proses yang dibutuhkan untuk pembangunan jalur kereta api,” tutur Noviantoro. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

GAPKI se-Kalimantan Bakal Gelar Borneo Forum ke-7, Simak Jadwal, Lokasi, dan Acaranya

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dari seluruh cabang provinsi di Pulau Kalimantan bakal menggelar…