Pemprov Kalteng Siap Ikut Expo Indonesia En Mexico Tahun 2023

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Selasa, 30 Agustus 2022 17:49WIB
Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalteng Leonard S Ampung mengikuti rapat bersama Kedutaan Besar RI di Mexico

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) menggelar rapat bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Mexico secara hybrid diikuti Pemprov Kalteng secara virtual dari Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (30/8/2022).

Duta Besar Indonesia untuk Mexico H.E Cheppy T. Wartono mengajak Kalteng ikut serta dalam event besar yaitu Expo Indonesia En Mexico pada tahun 2023 mendatang. H.E Cheppy T. Wartono  mengharapkan dukungan Pemprov Kalteng untuk mendukung transaksi perdagangan di Meksiko.

Ia menilai peluang perdagangan dan investasi dengan negara Amerika Latin tersebut cukup besar. Selain itu, Expo Indonesia En Mexico pada tahun 2023 sebagai upaya untuk membangun jembatan para pelaku usaha di Indonesia dan Meksiko guna semakin memperkuat kerja sama ekonomi antar kedua Negara.

Expo Indonesia en Mexico merupakan pameran terpadu perdagangan, investasi, pariwisata  dam budaya Indonesia pertama di Meksiko yang akan diselenggarakan secara gotong royong oleh para pemangku kepentingan di Indonesia. Pameran akan berlangsung selama lima hari. Pelaksanaan di tahun 2023 bertepatan dengan 70 tahun hubungan diplomatic RI-Meksiko.

Dengan diselenggarakannya Expo Indonesia En Mexico 2023, diharapkan KBRI Mexico City dapat mempromosikan TTIC (Trade, Tourism, Investment dan Culture) Indonesia di Meksiko secara massif, memperkenalkan produk-produk Indonesia terutama yang berasal dari daerah-daerah yang memiliki potensi luar biasa di Indonesia, memperkenalkan peluang investasi di Indonesia yang ada di berbagai daerah di Indonesia, meningkatkan arus wisatawan Meksiko ke Indonesia, meningkatkan pemahaman masyarakat Meksiko terhadap keragaman budaya tradisional Indonesia serta mangajak pengusaha daerah, BUMN dan swasta untuk masuk pasar Meksiko secara langsung tidak lagi melalui pihak ketiga.

Expo Indonesia di Mexico ini akan digelar pada Juli 2023 mendatang. Rencananya berbagai produk unggulan dari 10 provinsi, termasuk Kalteng.

Pada pertemuan tersebut, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng Leonard S. Ampung menyampaikan Pemprov siap mengikuti Expo Indonesia En Mexico pada tahun 2023 mendatang. Pemprov akan membuka peluang bagi para pengusaha dan pelaku usaha lainnya untuk bisa menjual produknya ke luar negeri.

‘’Kami sangat merasa luar biasa telah menerima undangan dari bapak dubes untuk mengikuti Expo Indonesia En Mexico pada tahun 2023 mendatang. Bapak Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran memerintahkan semua jajarannya untuk bisa menghadiri pertemuan ini tentunya untuk melihat kejelasan secara detail dan terperinci, apa saja yang akan disiapkan dalam kegiatan tersebut,” tutur Leonard S. Ampung.

Pada kesempatan tersebut, Leonard S. Ampung meminta arahan dari Duta Besar Republik Indonesia di Mexico, terkait hal-hal yang perlu dipersiapkan oleh Pemprov Kalteng dalam mengikuti kegiatan tersebut.

“Kami siap mempersiapkan apa saja hasil pertemuan pada hari ini. Kami mohon petunjuk dan arahan apa saja yang akan disiapkan oleh Pemprov Kalteng untuk mengikuti event tersebut,” kata Leo.

Terpisah, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Herson B. Aden menambahkan event ini diharapkan mampu mendatangkan investor ke Kalteng.

“Kalimantan Tengah punya banyak potensi di bidang perkebunan, pariwisata, kehutanan, pertambangan dan lain-lain. Kami memerlukan investasi untuk membangun smelter,” tandas Herson. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…