Perusahaan Tambang Batu Bara di Barut Diminta Bangun Jalan Khusus

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Selasa, 4 Oktober 2022 14:21WIB
DPRD Barito Utara melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan sejumlah perusahaan tambang batu bara.

Perusahaan tambang batu bara yang beroperasi di Kabupaten Barito Utara (Barut) diminta membuat jalan khusus.

“Diharapkan perusahaan batu bara segera membangun jalan khusus sesuai kebutuhan, sehingga tidak melintasi jalan umum atau nasional,” kata Anggota DPRD Barito Utara Tajeri di Muara Teweh.

Hal itu dia sampaikan dalam rapat dengar pendapat dengan sejumlah perusahaan tambang batu bara. Pertemuan itu dihadiri Sekda Barut Muhlis, anggota DPRD dan instansi terkait lainnya.

Dengan pendapat dihadiri sejumlah perusahaan tambang batu bara, di antaranya perwakilan PT Mega Multi Energi (MME), PT Uniric Mega Persada (UMP), PT Batara Perkasa (BP), PT Hamparan Mulia (HM) dan Padang Karunia Group (PKG), serta melalui hybrid pihak Kementerian PUPR Ditjen Bina Marga BPJN Kalteng.

Menurut Tajeri, dalam proses pembangunan jalan khusus sedang berlangsung angkutan batu bara dapat melalui jalan umum (nasional), dengan ketentuan harus memenuhi persyaratan beban muatan dan dimensi sesuai dengan ketentuan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Selain itu, juga mematuhi ketertiban lalu lintas dalam rangka menjaga keselamatan pengguna jalan dan masyarakat di sekitar jalan nasional.

Kementerian PUPR, Pemkab Barut, Kepolisian dan perusahaan batu bara agar bersama-sama menjaga kondisi jalan dan keselamatan pengguna jalan. 

“Perusahaan batu bara yang melintasi jalan nasional agar memperhatikan dan memenuhi surat edaran Gubernur Kalteng,” kata Tajeri, Ketua Komisi III DPRD Barut ini. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Pemprov Segera Launching Logo Resmi Hari Jadi Ke 67 Provinsi Kalteng Tahun 2024

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) akan segera me-launching logo Hari Jadi Ke-67 Provinsi Kalteng…