Prabowo-Puan Akrab Saat Momen Lebaran, Sinyal Duet 2024 Makin Kuat?

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Kamis, 5 Mei 2022 10:49WIB
Puan Maharani, Megawati dan Prabowo

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto tampak akrab saat berkunjung ke rumah Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani di hari lebaran kemarin. Apakah keakraban Prabowo dan Puan sinyal mereka berduet di Pilpres 2024?

“Spekulasi itu bisa saja terjadi. Meskipun juga belum tentu demikian adanya,” ujar Direktur Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia (Puskapol UI) Aditya Perdana saat dihubungi, Rabu (4/5/2022).

Adit menjelaskan silaturahmi saat lebaran memang biasa dilakukan oleh para politisi. Adit menduga, hal tersebut dilakukan untuk menunjukkan kepada publik bahwa hubungan mereka sedang baik-baik saja.

“Ya silaturahmi lebaran itu kan memang sering dimaknai banyak orang seperti salah satu sarana untuk menebak-nebak langkah para politisi itu seperti apa. Meskipun tafsiran itu kan untuk dinyatakan kepada publik bahwa sebenarnya mereka dalam kondisi yang akrab, baik, dan sebagainya,” tuturnya.

Selain itu, Adit mengatakan pertemuan Prabowo dan Puan ini menunjukkan PDIP dan Partai Gerindra akan selalu solid. Hanya, apakah mereka akan berkoalisi di Pilpres 2024, Adit belum bisa menjawabnya.

“Jadi saya bisa menangkap bahwa ini sebagai sebuah gejala untuk mengatakan bahwa PDIP sama Gerindra akan solid untuk bekerjasama atau berkoalisi, atau apapun di masa yang akan datang, entah di pilpres, pileg, dan sebagainya. Tapi dugaan kita kan memang ke pilpres. Koalisinya kayak apa masih belum bisa ditebak,” jelas Adit.

Sementara itu, Adit yakin PDIP juga belum tentu akan mengusung Puan Maharani sebagai bakal capres. Pasalnya, kata Adit, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lebih populer ketimbang Puan.

“Karena semua akan dilihat dari hasil survei, dari sisi hasil survei yang ada kan memang spekulasi itu bisa banyak tafsiran. Karena kan PDIP kalau dipikir-pikir ada 2, Ganjar sama Puan. Meskipun secara resmi belum ada arahan Megawati,” katanya.

“Meskipun secara struktur kita sangat yakin Puan itu perintah dari partai. Tapi secara elektabilitasnya kan Ganjar nggak bisa dipungkiri paling populer seperti layaknya Prabowo. Di internal PDIP pasti lagi ada banyak dilema dan sedang banyak pembahasan,” imbuh Adit. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Komitmen Wujudkan Kalteng Bebas Kabut Asap Tahun 2024

Kepala Pelaksana BPBPK Kalteng Pimpin Apel Aktivasi Posko dan Pos Lapangan Satgas Pengendalian Karhutla Badan…