PT. Korindo Jangan Abai Terhadap Kepentingan Umum, Demi Kepentingan Komersial

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 5 Juni 2022 11:32WIB
Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran melakukan peninjauan di pabrik PT Korindo Ariabima Sari Pangkalan Bun.

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran melakukan peninjauan lokasi pabrik PT. Korindo Ariabima Sari Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Jumat (3/6/2022).

Gubernur didampingi Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin serta para Bupati wilayah Barat, dan Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Prov. Kalteng Elijas B. Tjahajadi serta Jajaran Direksi PT. Korindo Ariabima Sari.

Disela-sela peninjauan, Gubernur meminta agar tanah berstatus Hak Guna Bangunan (HGB) yang berada di Lokasi Pabrik PT. Korindo Ariabima Sari yang digunakan untuk membangun perumahan komersial agar digunakan untuk kepentingan umum.

“Pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten meminta tanah berstatus HGB ini digunakan untuk kepentingan umum seperti pengembangan sektor pendidikan dan kesehatan yang akan dirasakan langsung manfaatnya oleh rakyat” ucap Gubernur.

Sugianto Sabran menuturkan terkait tanah HGB di lokasi pabrik, pemerintah memberikan waktu selama 1 (satu) bulan untuk menghentikan pembangunan rumah komersial tersebut.

“ Satgas akan turun bersama-sama melakukan pengecekan dan pemantauan, sesuai tenggal waktu yang diberikan”, tuturnya.

Lebih lanjut Sugianto ungkapkan bahwa semua pihak khususnya yang melakukan usaha di Kalteng, seyogianya berkontribusi positif untuk kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan memperhatikan kepentingan umum yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“ Saya berharap Korindo tidak kesampingkan kepentingan umum demi kepentingan komersial, membangun Kalteng ini harus melibatkan semua elemen masyarakat, sesuai dengan daya dan potensi yang dimiliki” pungkas Sugianto.

Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Prov. Kalteng Elijas B. Tjahajadi mengungkapkan memahami dan mengapresiasi keinginan dan komitmen Gubernur Kalteng yang begitu kuat dalam mengembangkan sektor pendidikan dan kesehatan.

“Secara regulasi dan teknis dapat diklasifikasikan pengadaan tanah untuk kepentingan umum, kami akan dalami bersama bapak Gubernur, agar lebih spesifik”, jelas Elijas.

Senior Manager PT. Korindo Ariabima Sari, Masturi menyampaikan terkait usulan pemerintah akan ditindaklanjuti ke manajemen di daerah maupun pusat.

“Berkaitan dengan apa yang disampaikan bapak Gubernur, kami akan diskusikan ditingkat manajemen di Pangkalan Bun maupun di tingkat pusat, tentu hal ini akan menjadi perhatian kami untuk dibahas sesegera mungkin” ungkap Masturi. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

38 Warga Palangka Raya Terjaring Razia Penindakan Pelanggaran Pengelolaan Sampah dan Kebersihan Lingkungan

Tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palangka Raya menggelar razia yustisi untuk…