Quartararo: Sirkuit Mandalika Mirip Qatar dan Thailand

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 13 Februari 2022 06:31WIB
Fabio Quartararo mencoba Sirkuit Internasional Mandalika

Juara dunia MotoGP Fabio Quartararo berpendapat layout Sirkuit Internasional Mandalika lebih mirip sirkuit di Qatar dan Thailand, setelah selama dua hari terakhir dia menjajal trek sepanjang 4,3 kilometer tersebut.

Pada uji coba pramusim hari kedua di Mandalika, Sabtu (12/2/2022), Quartararo mencatat waktu terbaik 1 menit 31,564 detik, hampir dua detik lebih kencang dari hari sebelumnya.

“Menurut saya sirkuit ini lebih mirip Qatar atau Thailand, atau kalau soal area terakhir untuk pengereman kuat dia lebih mirip Argentina. Kombinasi tikungannya bagus,” kata Quartararo dalam pernyataannya.

Namun, dia tidak secara tegas mengatakan apakah Sirkuit Mandalika cocok untuk motor Yamaha M1 yang dia tunggangi.

“Saya tidak akan menggambarkan apakah trek ini adalah ‘trek Yamaha’ karena itu akan menjadi kesalahan. Saya akan menyebutnya sebagai sirkuit yang normal saja dan mencoba yang terbaik, itulah pendekatan terbaiknya,” ulasnya.

Pada hari pertama, kondisi trek di Mandalika sangat kotor akibat hujan deras semalaman yang menghanyutkan debu dan lumpur ke trek.

“Kondisinya lebih mirip [trek] monocross,” kata pembalap asal Prancis itu.

Pada hari kedua, lintasan balap di trek sudah bersih akibat dilindas semua pembalap tetapi debu dan pasir masih menempel di area pinggir.

Penampilan Quartararo cukup bagus di hari kedua, dengan menempati posisi empat dari 24 pembalap. Waktu terbaiknya dia ukir dengan ban belakang medium yang dipakai sebanyak 16 putaran.

“Kami mencoba paket aerodinamika dan setelan ban belakang baru, hasilnya bagus jadi saya senang. Namun, sebagian besar kecepatan yang saya dapat berasal dari ban lama,” jelasnya. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Kalteng Raih Penghargaan One MAP Policy Summit 2024

Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menerima penghargaan One Map Policy Summit 2024, diserahkan Menteri Koordinator Bidang…