Reka Ulang Magelang, Putri Terbaring ketika Brigadir J Masuk Kamar

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Selasa, 30 Agustus 2022 15:29WIB
Rekonstruksi pembunuhan Brigadir J

Tim Khusus (Timsus) Polri menggelar rekonstruksi peristiwa pembunuhan Brigadir J. Reka adegan dilakukan pada peristiwa di tiga lokasi yakni rumah pribadi Ferdy Sambo di Magelang, rumah dinas di Duren Tiga, Jakarta Selatan, dan di rumah pribadi Sambo di Saguling, Jakarta Selatan.



Pada rekonstruksi itu, ada 16 adegan yang dilakukan reka ulang. Adegan itu meliputi peristiwa pada tanggal 4, 7 dan 8 Juli 2022 atau sebelum terjadinya penembakan Brigadir J.

Dalam reka ulang itu ada tiga tersangka yakni Putri Candrawathi, Kuat Maruf, dan Bripka Ricky Rizal, serta salah satu orang yang berperan menggantikan Brigadir J sebagai korban.

Dari ke-16 adegan, terdapat momen yang menunjukkan Brigadir J sebagai korban sempat memasuki kamar Putri. Brigadir J juga sempat tidur bersama dengan salah satu tersangka, yakni Bharada E. Momen itu terjadi pada reka ulang adegan ke-13.

Adapun reka ulang ini bermula dari adegan Putri yang terlentang di tempat tidur menggunakan baju dan celana serba putih. Lalu, ada Kuat Maruf dan Bripka Ricky di ruangan lain sedang berbincang. Setelah itu, Bripka Ricky menghampiri Putri di kamarnya beberapa saat.

Adegan selanjutnya, Bripka Ricky menyerahkan satu buah senjata api ke Bharada E. Senjata itu pun disimpan oleh Bharada E. Setelah itu, Bharada E mendatangi Brigadir J dan tampak berbincang.

Berikutnya, Brigadir J memasuki kamar Putri. Istri Sambo itu masih terbaring. Sementara, Brigadir J digambarkan tengah duduk di lantai, di samping kasur Putri.

Brigadir J keluar kamar dan berganti masuk dengan Kuat Maruf. Dalam adegan itu, Kuat juga duduk di lantai dan menemani Putri yang tengah berbaring.

Kuat meninggalkan kamar Putri. Setelah itu, Brigadir J masuk ke kamar Putri lagi dan duduk di lantai.

Brigadir J keluar kamar, lalu bertemu dengan Bharada E. Berikutnya, Brigadir J melakukan reka ulang tidur bersama. Sementara itu, Kuat tidur dengan Bripka Ricky.

Setelah adegan itu, mereka bangun. Adegan berikutnya, yakni ke-14, Putri masih berbaring dan tengah menelepon seseorang. Usai bertelepon, Putri beranjak dari kasur.

Putri lalu mendatangi Bripka Ricky cukup lama. Setelah itu, Ricky mengambil senjata itu. Senjata itu kemudian dipindahkan ke mobil sebelum mereka pergi ke Jakarta. Lalu, adegan terakhir Bripka Ricky, Kuat, Putri dan salah satu saksi pergi bertolak ke Jakarta.

Rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J digelar di rumah Saguling, Duren Tiga, hingga di Magelang, Jawa Tengah. Total ada 78 adegan yang akan digelar di rekonstruksi yang digelar, Selasa (30/8/2022).

“Reka ulang meliputi peristiwa yang terjadi di rumah Magelang, rumah Saguling dan rumah Duren Tiga meliputi 78 Adegan,” kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi.

Andi menyebut dari 78 adegan itu, sebanyak 16 di antaranya akan dilakukan di rumah Magelang. Adegan itu meliputi peristiwa pada tanggal 4, 7 dan 8 Juli 2022.

Lalu, 35 adegan direka ulang di rumah Saguling, Jakarta Selatan. Adegan itu meliputi peristiwa pada tanggal 8 Juli dan pascapembunuhan Brigadir J.

“Dan di rumah Kompleks Polri Duren Tiga sebanyak 27 adegan (peristiwa pembunuhan Brigadir J),” ucapnya. ***



Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Kalteng Raih Penghargaan One MAP Policy Summit 2024

Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menerima penghargaan One Map Policy Summit 2024, diserahkan Menteri Koordinator Bidang…