Richard Eliezer Divonis 18 Bulan Bui, Bisa Bebas Februari 2024?

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Rabu, 15 Februari 2023 14:54WIB
Richard Eliezer

Richard Eliezer dijatuhi vonis 1 tahun 6 bulan penjara. Bila nantinya hukuman Eliezer ini berkekuatan hukum tetap atau inkrah, kemungkinan mantan ajudan Ferdy Sambo itu bisa bebas pada Februari 2024 atau bahkan lebih cepat bila mendapatkan remisi.

Eliezer ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat sejak Agustus 2022. Dia selalu dalam tahanan sejak saat itu hingga sekarang.

Dari hitung-hitungan secara manual, setidaknya Eliezer sudah menjalani masa tahanan sekitar 7 bulan. Di sisi lain majelis hakim pada hari ini, Rabu (15/2/2023), telah menjatuhkan vonis pada Eliezer, yaitu 1,5 tahun bui atau 18 bulan penjara.

“Mengadili, menyatakan Terdakwa Richard Eliezer telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana turut serta melakukan pembunuhan berencana,” kata hakim membacakan vonis di PN Jaksel, Senin (13/2/2023).

“Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa Richard pidana 1 tahun 6 bulan penjara” imbuhnya.

Bila dihitung dari itu, masih ada sisa 11 bulan bagi Eliezer di dalam penjara. Namun itu pun dengan catatan, yaitu baik jaksa maupun Eliezer tidak mengajukan banding, sehingga hukuman itu inkrah atau berkekuatan hukum tetap.

Dengan asumsi itu, Eliezer bisa bebas pada Februari 2024. Bahkan Eliezer bisa bebas lebih cepat bila mendapatkan pengurangan hukuman atau remisi di mana sangat memungkinkan mengingat status justice collaborator Eliezer sudah dikabulkan majelis hakim. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Transaksi Keuangan, Barang dan Jasa Selama FBIM dan FKN 2025 Capai Rp20 Miliar

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2024 berakhir, dan ditutup  Gubernur…