Tahanan Meninggal di Ruang Tahanan Polres Katingan

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 20 Februari 2022 13:05WIB
Tahanan, Ar yang meninggal diruang tahanan Polres Katingan.

Seorang tahanan di Polres Katingan terkait kasus dugaan pencabulan anak bawah umur  tewas  di ruang tahanan, Sabtu (19/02/2022),  sekitar pukul 04.50 WIB. Tahanan yang tewas itu bernama Ar alias Ladom (45 tahun)  warga Desa Talimgke, Kecamatan Tasik Payawan. 

Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo membenarkan jika ada satu orang tahanan yang meninggal dunia di ruang tahanan Mapolres Katingan. 

“Benar, tahanan kasus pencabulan meninggal dunia di rutan Polres.  Ia mengalami kejang-kejang, kemudian sempat dibawa ke Puskesmas Kereng Pangi dan dinyatakan meninggal dunia,” ujar Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo. 

Kapolres Sonny menambahkan, dari hasil otopsi luar oleh dr Hamidah, tidak ditemukan luka memar akibat kekerasan baik benda tumpul ataupun benda tajam. Diperkirakan untuk kematian lebih kurang antara tiga sampai empat jam sebelumnya. 

Berdasarkan keterangan rekannya satu sel dengan inisial NI, sebut Kapolres saat itu rekannya tersebut berada dalam satu ruang sel sembilan orang termasuk almarhum. 

Pada hari Sabtu, 19 Februari 2022 rekan korban ini melaksanakan salat subuh berjamaah bersama para tahanan yang lain.

Lalu masuk ke dalam sel untuk melanjutkan doa dan zikir, kemudian mendengar rekannya membangunkan almarhum sambil memanggil namanya.

Almarhum saat itu pada posisi tengkurap dan mengalami kejang-kejang, rekan tahanan memanggil namanya namun tidak ada respon, kemudian mereka membalikkan badannya dan memegang urat nadi namun sudah tidak ada denyutnya lagi. 

Setelah itu, para tahanan melaporkan ke piket jaga ruang tahanan bahwa ada tahanan yang meninggal dunia. 

Untuk memastikan kondisinya petugas membawanya ke Puskesmas Kereng Pangi untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.  “Setelah dinyatakan meninggal dan otopsi luar oleh pihak puskesmas, kami memberitahukan pihak keluarga atas kematiannya,” ujar Kapolres. 

Semua perwakilan dari keluarga menyatakan tidak keberatan dan ikhlas atas meninggalnya Ar. 

“Pada prinsipnya keluarga menerima keadaan dan akan menerima jenazahnya untuk langsung dimakamkan,” ujar Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo. 

Informasinya, jasad Ladom sore itu juga dikebumikan di Desa Talingke,  Kecamatan Tasik Payawan. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Pemprov Segera Launching Logo Resmi Hari Jadi Ke 67 Provinsi Kalteng Tahun 2024

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) akan segera me-launching logo Hari Jadi Ke-67 Provinsi Kalteng…