Tahu Akan Ditangkap KPK, Bupati Mamberamo Tengah Kabur ke Papua Nugini

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Sabtu, 16 Juli 2022 19:19WIB
Bupati Memberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak

Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (RHP) diduga kabur ke Papua Nugini lewat jalur tikus. Ricky diduga kabur setelah mendapat info dirinya akan dijemput paksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Ternyata Bupati Ricky Ham Pagawak lebih dulu memperoleh informasi bakal dijemput paksa oleh tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jayapura, sehingga memilih kabur ke Papua Nugini (PNG) melalui jalan tikus,” ujar Dirreskrimum Polda Papua Kombes Ramdhani Faizal di Jayapura, Sabtu (16/7/2022).

Faizal mengatakan pihaknya hingga saat ini belum mengetahui keberadaan Ricky. Dalam kasus ini, kata Ramdhani, polisi hanya membantu KPK untuk penyidikan dan upaya membantu pencarian terhadap Ricky.

Faizal mengakui RHP sempat terdeteksi berada di Jayapura yang pada Rabu (13/7). Namun pada waktu-waktu setelahnya, Ricky disinyalir sudah kabur ke Papua Nugini.

“Ada dugaan kuat RHP telah melarikan diri ke negara tetangga Papua Nugini (PNG). Terakhir kita dapatkan informasi dia diantar di Pasar Skouw, Kamis (14/7) pagi,” ujarnya.

RHP terjerat kasus korupsi Pemda Kabupaten Mamberamo Tengah tahun 2013-2019. KPK telah menggeledah sejumlah tempat di Bekasi, Jakarta, hingga Sleman, terkait dugaan suap dan gratifikasi pelaksanaan berbagai proyek di Pemkab Mamberamo Tengah.

Jubir KPK, Ali Fikri, juga mengungkapkan bahwa Ricky kabur saat hendak dijemput paksa di Jayapura, Papua.

Ali Fikri mengatakan awalnya melayangkan surat panggilan terhadap Ricky untuk diperiksa, namun yang bersangkutan mangkir.

Selanjutnya KPK mengirimkan tim untuk menjemput paksa namun Ricky sudah kabur. Dia mengimbau warga yang melihat keberadaan tersangka agar segera melaporkan ke aparat penegak hukum.

“Kepada tersangka yang tidak koperatif, KPK dapat melakukan penangkapan dan secara bertahap dapat menerbitkan DPO (daftar pencarian orang),” katanya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

MK Juga Tolak Gugatan Hasil Pilpres 2024 dari Ganjar-Mahfud!

Mahkamah Konstitusi (MK) juga menolak permohonan sengketa hasil Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang diajukan…