Tekankan Pentingnya Pembangunan SDM dan Riset

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Rabu, 1 Maret 2023 16:55WIB
Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dan Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro usai menandatangani Nota Kesepakatan Bersama
  • Gubernur Kalteng Sugianto Sabran Teken NKB dengan Rektor Universitas Indonesia

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) dan Universitas Indonesia sepakat menandatangani Nota Kesepakatan Bersama dilakukan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran dan Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro, di Ruang Rapat A, Ged. Pusat Administrasi UI Lt.2, Kampus UI Depok, Rabu (01/03/2023).

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja sama antara Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng dengan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, serta Penandatanganan Perjanjian Kerja sama antara Kepala Bappedalitbang Prov. Kalteng dengan Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI.

Dalam sambutannya, Gubernur H. Sugianto Sabran menyampaikan berdasarkan potensi yang dimiliki Kalteng, pemerintah provinsi saat ini telah merencanakan pembangunan Universitas atau Perguruan Tinggi di dua wilayah Kalteng yaitu wilayah timur (DAS Barito) dan wilayah barat (Kotawaringin), dimana Kalteng sebelumnya telah memiliki beberapa Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta. Hal tersebut merupakan upaya pemerintah provinsi dalam mengoptimalkan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki Kalteng sebagai daerah penyangga Ibu Kota Nusantara.

Sugianto Sabran mengungkapkan Pemprov Kalteng siap menjadi mediator penghubung antara Perguruan Tinggi Negeri dan swasta untuk melakukan kerja sama dengan Universitas Indonesia, guna peningkatan SDM yang ada di Prov. Kalteng. “Saya rasa sangat penting dukungan dan kerja sama dengan Universitas Indonesia, melalui kerja sama ini untuk memberikan kontribusi terkait penelitian, pembangunan, dan pengembangan daerah di Kalimantan Tengah”, ucap Gubernur.

Kerja sama ini diharapkan dapat mendorong percepatan berbagai program-program pembangunan dan kemajuan segala sektor di Kalteng, sehingga manfaatnya benar-benar dapat dirasakan masyarakat. “Kerja sama ini juga hendaknya dapat dioptimalkan untuk terus memperkuat penciptaan inovasi produk daerah, kualitas SDM, kapasitas daerah dalam pengelolaan Sumber Daya Alam dan pengembangan ekonomi lokal, serta potensi lain yang dapat dikembangkan sebagai komoditas unggulan daerah”, pungkasnya.

Rektor UI Ari Kuncoro menyampaikan Kalteng mempunyai kesempatan untuk pembangunan yang berimbang dengan lingkungannya.

“Ini merupakan suatu model Perguruan Tinggi bahwa ilmu harus dihilirisasikan. Kalteng merupakan suatu provinsi yang menarik sehingga bisa diaplikasikan yang disebut sebagai pembangunan yang berimbang, dan potensi itu terbuka luas di Kalteng”, ucap Ari.

Disampaikan dari potensi yang dimiliki wilayah Kalteng, salah satunya tambang dan tumbuh-tumbuhan yang pengembangannya memerlukan namanya riset.

“Itulah yang menarik, dengan riset kita bisa membuat semuanya berimbang. Eksploitasi alam dibuat sedemikian seimbang sehingga penciptaan nilai tambah dengan lingkungan menjadi seimbang”, tandasnya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Widiya Kumala Wati, Volunteer dan Satgas PPA dari Kalteng, Terima Penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi Bidang Sosial Budaya

Widiya Kumala Wati volunteer dari berbagai organisasi dan Satgas PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) Provinsi Kalimantan…