Viral! Ini Profil Ibu Ida Dayak, yang Bisa Sembuhkan Stroke, Tuli Bisa Mendengar hingga Tulang Bengkok

Reporter :
Editor :
Senin, 3 April 2023 20:45WIB
Ibu Ida Dayak mengobati pasien nya

Ibu Ida Dayak sedang populer platform video Tik Tok dan Snack Video. Ini karena kemampuannya dalam menyembuhkan berbagai keluhan atau penyakit, seperti stroke. Tak hanya itu, dia juga bisa meluruskantulang yang bengkok, keseleo, dan salah urat.

Dalam videonya yang viral di Tiktok, Ibu Ida Dayak juga dapat membuat pasiennya yang tadinya tuli dan bisu bisa kembali mendengar serta berbicara.

Saat mengobati pasiennya, wanita yang memiliki nama asli Ida Andriyani ini selalu mengenakan pakaian ada dan aksesosir khas suku Dayak. Dia lahir di Pasir Belengkong, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, 3 Juli 1972.

Ketika memulai pengobatannya, Ibu Ida Dayak juga selalu melafalkan kalimat tauhid Lailahaillallah dan kalimat basmalah. Dengan mengucapkan kalimat itu, dia menunjukkan kesembuhan hanya berasal dari Allah SWT.

“Sesuai agama saya, saya Islam, saya muslim, saya mulai pengobatan ini dengan mengucapkan Bismillahirohmanirohim,” ujar Ida Dayak dalam sebuah tayangan video.

“Kalau ada ibu-bapak yang punya gondok besar di leher, yang lumpuh-lumpuh di rumah, tetangga bawah ke sini, lumpuh satu tahun, stroke dua tahun nggak bisa jalan bawah ke sini,” ucapnya lagi.

Metode penyembuhan Ibu Ida Dayak terbilang simpel dan cepat. Dia hanya melakukan ritual menari dan diurut dengan dioleskan minyak berwarna merah yang diberi nama Ida Dayak Minyak Bintang.

Minyak ini sudah lama dikenal masyarakat suku Dayak Kalimantan sebagai salah satu obat tradisional yang digunakan turun-temurun. Namun, perlu hati-hati jika ingin membali minyak ini lantaran banyak penipuan.

Berkeliling dan Tidak Aji Mumpung

Sebelum terkenal, Ida Dayak berkeliling dari pasar ke pasar dalam menjalankan praktik pengobatannya.Perempuan berusia 51 tahun ini bahkan mengaku pernah keliling hingga Papua, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera.

Senin, 3 April 2023, Ibu Ida Dayak menggelar pengobatan alternatif di GOR Divif 1 Kostrad, Jalan Raya Bogor-Jakarta Km 39 Cilodong, Depok, Jawa Barat. Pengobatan akan berlangsung hingga Selasa (4/4/2023).

Pengobatan ini dihadiri ratusan orang. Banyaknya orang yang ingin berobat menimbulkan kemacetan di Cilodong.

Meski selalu diserbu oleh warga, wanita yang sejak 2021 tinggal Ciwalen, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, ini tidak memungut biaya dalam mengobati pasiennya alias gratis. Dia hanya hanya menjual minyak racikannya sendiri dengan harga wajar, Rp 50.000 per botol.

Beberapa Institusi dan Pejabat Penting

Usai video-video penyembuhannya viral, pengobatan Ida Dayak di mana pun selalu dipadati warga yang ingin mencari kesembuhan. Bahkan, dia juga mendapat atensi dari beberapa instansi hingga pejabat penting.

Ida Dayak juga pernah diundang ke kediaman Letjen (Purn) AM Hendropriyono. Saat itu, Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan istri juga hadir.

Ketenaran Ibu Ida Dayak dimanfaatkan sejumlah pihak tak bertanggung jawab. Mereka menarik biaya nomor antrean, mengaku sebagai anak, keluarga, adau asisten, menggelar pengobatan massal fiktif, hingga menjual minyak bintang di toko online. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Widiya Kumala Wati, Volunteer dan Satgas PPA dari Kalteng, Terima Penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi Bidang Sosial Budaya

Widiya Kumala Wati volunteer dari berbagai organisasi dan Satgas PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) Provinsi Kalimantan…