Wagub Kalteng Minta Daerah Waspada Karhutla

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Jumat, 10 Juni 2022 10:18WIB
Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo

Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo meminta seluruh daerah di Kalteng tetap waspada terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Seluruh daerah tetap waspada tehadap karhutla saat musim kemarau meski sekarang cuaca masih tidak menentu, karena potensi itu pasti ada. Jadi, perlu diantisipasi semaksimal mungkin,” ucapnya, Jumat (10/6/2022).

Berdasarkan prediksi, saat ini sudah memasuki musim kemarau. Namun, cuaca sepertinya tidak menentu, khususnya di Kalteng curah hujan masih cukup tinggi hingga beberapa wilayah mengalami banjir. BMKG juga memprediksi akan ada puncak musim kemarau yakni pada bulan Agustus 2022 mendatang. 

Wakil gubernur mengingatkan, segala sesuatu yang berkaitan dengan penangan karhutla seperti sarana dan prasarana maupun fasilitas pendukung perlu dipersiapkan dengan baik, mulai dari peralatan alat pemadam juga kesiapan personel.

Selain itu, koordinasi antarinstansi maupun lembaga serta pihak-pihak terkait juga perlu dilakukan mulai dari tingkat bawah hingga atas agar perencanaan dalam penanganan bencana karhutla dapat optimal.

Di sisi lain, sosialisasi kepada masyarakat pun harus digencarkan mengenai bahaya membakar hutan dan lahan. Diharapkan melalui sosialisasi atau edukasi masyarakat bisa sadar dan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sengaja.

“Kita ingin semua pihak dapat mempertahankan pengendalian karhutla yang relatif baik pada tahun 2021 lalu dan juga pada awal tahun 2022 ini. Harapan kita tahun 2022 ini juga Kalteng bebas dari kabut asap,” tukasnya. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Pemprov Segera Launching Logo Resmi Hari Jadi Ke 67 Provinsi Kalteng Tahun 2024

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) akan segera me-launching logo Hari Jadi Ke-67 Provinsi Kalteng…