Wilayah Kalteng Masih Berpotensi Hujan Lebat

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 26 Juni 2022 17:40WIB
Salah satu pemukiman warga di Jalan Temanggung Tilung Palangka Raya ketika turun hujan setengah jam saja, menjadi terendam.

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bencana banjir, tanah longsor, dan lainnya. Mengingat kondisi cuaca di sebagian wilayah masih berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

“Secara umum, seluruh wilayah Kalteng berada dalam kondisi cuaca berawan hingga hujan ringan, dan berpotensi hujan sedang hingga lebat. Untuk itu masyarakat tetap harus waspada,” kata prakirawan cuaca, Rahmat Alfandy, di Palangka Raya.

Dijelaskan, suhu udara berkisar antara 22-33 celcius. Kelembaban udara berkisar antara 60-100 persen. Angin umumnya bertiup dari arah Barat Daya-Timur Laut dengan kecepatan berkisar antara 10-20 kilometer/jam.

“Waspada adanya pertumbuhan awan konvektif awan Cumulonimbus, yang dapat berpotensi hujan sedang hingga lebat, dan menimbulkan angin kencang,” imbau Rahmat

Kepada masyarakat yang tinggal dan melakukan aktivitas di daerah pesisir, Rahmat mengingatkan, agar waspada terhadap peningkatan debit air akibat curah hujan yang masih tinggi.

“Curah hujan tinggi berpotensi menambah tinggi gelombang di wilayah pesisir dan perairan Kalimantan Tengah. Untuk itu, bagi masyarakat dan nelayan kami harapkan untuk tetap berhati-hati,” tandasnya. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…