21 Pencuri Kelapa Sawit Milik PT GSYM Diamankan

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Senin, 16 Januari 2023 17:59WIB
Sebanyak 1 pencuri kelapa sawit di PT GSYM diamankan Polres Kobar

Polres Kotawaringin Barat (Kobar), mengamankan 21 tersangka tindak pidana pencurian dengan pemberatan di wilayah Hukum Polres Kabupaten Kobar, di lahan buah kelapa sawit milik PT. GSYM afd Alfa, di Desa Umpang, Kecamatan Arut Selatan (Arsel).

Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono menjelaskan, kegiatan pemanenan tanpa sepengetahuan perusahaan ini mulai dari tanggal 8 Januari sampai 11 Januari 2023.

“Pada tanggal 4 para tersangka mendirikan tenda di areal kebun kelapa sawit tersebut, dengan tujuan mengklaim lahan, namun tujuan para tersangka ini belum tercapai, untuk membiayai Klaim tersebut, pada tanggal 8 para tersangka mulai melakukan pemanenan, di lanjutkan tanggal 9 dan 11 di kebun kelapa sawit milik PT Gsym tersebut ,” jelas Kapolres, pada saat pers release, Senin (16/1/ 2023).

Modus operandi yang dilakukan para pelaku, yaitu melakukan pemanenan tersebut dengan menggunakan alat egrek, dan kemudian buah yang sudah jatuh ke tanah, di masukan kedalam angkong, dan di muat ke mobil pick up menggunakan alat tojok.

” Setelah melakukan pemanenan buah kelapa sawit tersebut di jual, dan mendapatkan hasil dari penjualan tersebut yaitu pada tanggal 8 mendapatkan hasil Rp 235 ribu rupiah, pada tanggal 9 mendapatkan hasil Rp 256 ribu rupiah, dan pada tanggal 11 belum sempat di jual para tersangka sudah di amankan anggota polres Kobar,” jelasnya lagi.

Akibat kejadian tersebut PT GSYM mengalami kerugian, Rp 293.436.000,- dengan jumlah berat janjang buah kelapa sawit sebesar 122,265 Kg.

Dari 21 tersangka tersebut pada saat di lakukan test urine ada 5 tersangka yang positif narkoba.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan yaitu 10 unit mobil pick up bermuatan buah kelapa sawit, 10 buah tojok, dan 2 buah kapak.

Para tersangka dikenakan pasal 363 ayat 1 Ke KUH pidana dengan ancaman 7 tahun penjara. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Transaksi Keuangan, Barang dan Jasa Selama FBIM dan FKN 2025 Capai Rp20 Miliar

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2024 berakhir, dan ditutup  Gubernur…