Hadapi Idul Fitri 1444 H Pertamina Tambah Pasokan Elpiji dan BBM di Kalteng

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Selasa, 4 April 2023 14:10WIB
Hadapi Lebaran Idul Fitri 1444 H, PT Pertamina Parta Niaga Regional Kalimantan tambah pasokan elpiji di Kalimantan Tengah

PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan menambah pasokan elpiji di Provinsi Kalimantan Tengah untuk memastikan keamanan konsumsi masyarakat terpenuhi jelang perayaan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Selain itu, guna memastikan keamanan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri., Pertamina juga meningkatkan stok Pertamax dan Pertalite.

“Penambahan penyaluran elpiji tiga kilogram dilakukan sejak minggu pertama April dengan penambahan pasokan harian untuk wilayah Kalimantan sebesar 5,4 persen dari penyaluran sebelumnya 1.410 Metrik Ton (470.000 Tabung) menjadi 1.486 Metrik Ton (495.333 Tabung),” kata Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, M Taufik, kemarin.

“Untuk wilayah Kalimantan Tengah, penambahan pasokan yakni sebanyak 6,2 persen, dari 193 Metrik Ton (64.333 Tabung) menjadi 205 Metrik Ton (68.333 Tabung),” jelasnya.

Di samping menambah penyaluran, Pertamina juga menyiapkan agen dan pangkalan siaga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap elpiji. Adapun sebanyak 343 agen serta 1.122 outlet atau pangkalan disiagakan di seluruh wilayah Kalimantan.

“Dukungan dari instansi dan aparat pemerintah diperlukan untuk memperlancar distribusi, baik untuk elpiji maupun bahan bakar minyak (BBM). Pertamina berkoordinasi dengan pihak kepolisian, terkait langkah pengamanan terhadap pelaksanaan pendistribusian,” terangnya.

Menurutnya koordinasi yang dibangun tidak hanya dengan kepolisian, tetapi juga dilakukan dengan DLLJAR dan Badan Geologi untuk mengantisipasi kendala daerah rawan macet dan longsor, perbaikan jalan, serta lainnya.

“Sebagai upaya memastikan kelancaran distribusi dan pelayanan Pertamina baik BBM maupun elpiji, kami juga mengharapkan partisipasi aktif dari masyarakat,” ujarnya.

Masyarakat diimbau jika menemukan kendala atau hambatan distribusi yang terjadi di lapangan, dapat disampaikan melalui Pertamina yaitu 135 atau melalui email ke pcc@pertamina.com dan telepon ke contact center Satgas MOR VI (0542) 7524567/4313.

Sementara itu, Pertamina juga meningkatkan stok Pertamax dan Pertalite untuk Kalimantan Tengah guna memastikan keamanan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri.

“Untuk Kalimantan Tengah, peningkatan stok Pertalite sebesar 7,47 persen dari konsumsi normal harian atau sekitar 1.071 KL/hari menjadi 1.151 KL/hari,” ucapnya.

Kemudian untuk Pertamax peningkatan stok mencapai 2,4 persen dari konsumsi normal harian atau sekitar 266 KL/hari menjadi 272 KL/hari.

Hal yang sama juga dilakukan terhadap stok Dexlite yang juga dilakukan peningkatan hingga 2,3 persen dari konsumsi normal harian atau sekitar 139,1 KL/hari menjadi 142,3 KL/hari.

Selanjutnya untuk Pertamina Dex di Kalimantan Tengah juga terjadi peningkatan stok 2,7 persen dari konsumsi normal harian atau sekitar 9,3 KL/hari menjadi 9,5 KL/hari. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Transaksi Keuangan, Barang dan Jasa Selama FBIM dan FKN 2025 Capai Rp20 Miliar

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2024 berakhir, dan ditutup  Gubernur…