drh. Rian Ka Praja, M.Biomed., M.B.A., Ph.D., Dosen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya Meraih Penghargaan Young Investigator Award di Korea

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Selasa, 2 April 2024 08:32WIB
drh. Rian Ka Praja, M.Biomed., M.B.A., Ph.D.,

Departemen Mikrobiologi, Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya (UPR), kembali mencatat prestasi di kancah Internasional. drh. Rian Ka Praja, M.Biomed., M.B.A., Ph.D., seorang dosen dari departemen tersebut, berhasil meraih penghargaan Young Investigator Award dalam acara bergengsi, the 32nd Annual Meeting of the Korean College of Helicobacter and Upper Gastrointestinal Research & International Symposium on Helicobacter and Upper Gastrointestinal Diseases (HUG 2024), yang diselenggarakan di Seoul, Korea pada tanggal 14-16 Maret 2024.

drh. Rian Ka Praja, M.Biomed., M.B.A., Ph.D. menyampaikan presentasinya

Dari ratusan judul penelitian yang ikut pada pertemuan tersebut, abstrak beliau terpilih menjadi salah satu dari delapan penelitian yang berhasil memenangkan Young Investigator Award bersama dengan peneliti dari Jepang dan Korea.

Penghargaan ini merupakan pengakuan atas kontribusi dari drh. Rian Ka Praja dalam bidang penelitian Helicobacter dan penyakit gastrointestinal bagian atas. Karya ilmiah yang dipresentasikan oleh drh. Rian Ka Praja berhasil menarik perhatian para ahli dan praktisi Helicobacter dan penyakit gastrointestinal bagian atas, sehingga memberinya tempat di puncak sebagai penerima penghargaan Young Investigator Award.

Sebelum menerima penghargaan prestisius tersebut, drh. Rian Ka Praja tampil sebagai pembicara pada sesi pleno dengan topik yang menjadi keahliannya, yakni “Green Tea Against the Microbial Tide: A Bioinformatics Odyssey Revealing the Antipathogenic Mechanisms of Epigallocatechin-3-Gallate in Helicobacter pylori Combat”.

Prof. Samryong Jee dari Inje University, Korea yang mewakili perhimpunan the Korean College of Helicobacter and Upper Gastrointestinal Research menyerahkan penghargaan Young Investigator Award kepada drh. Rian Ka Praja, M.Biomed., M.B.A., Ph.D.

Prof. Nayoung Kim, Gastroenterologist dari Seoul National University College of Medicine, selaku pemimpin sesi tersebut memuji presentasi yang disampaikan ini membawa wawasan mendalam tentang peran teh hijau dalam melawan mikroorganisme patogen Helicobacter pylori, serta mengungkapkan mekanisme antipatogeniknya yang inovatif melalui pendekatan bioinformatika.

Penghargaan ini bukan penghargaan pertama yang diperoleh, sebelumnya drh. Rian Ka Praja telah meraih beberapa penghargaan dari berbagai negara dan institusi internasional seperti dari National Research Council of Thailand, The Japanese Society for Immunology, The Federation of Immunological Societies of Asia-Oceania (FIMSA), Korean Association for Lung Cancer, The Korean Society of Gastroenterology, The Korean Gastric Cancer Association, Korean Dementia Association, USAID, dan banyak penghargaan dari institusi internasional lainnya.

Penghargaan Young Investigator Award secara simbolis diberikan oleh Prof. Samryong Jee dari Inje University, Korea yang mewakili perhimpunan the Korean College of Helicobacter and Upper Gastrointestinal Research.

drh. Rian Ka Praja, M.Biomed., M.B.A., Ph.D memperlihatkan penghargaan Young Investigator Award 

Prestasi yang diraihnya ini tidak hanya mengukuhkan reputasi Universitas Palangka Raya dalam dunia akademik, tetapi juga menjadi inspirasi bagi mahasiswa dan rekan-rekan sejawatnya.

Prestasi gemilang ini semakin menegaskan Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya terus berupaya menjadi pusat riset dan pendidikan yang unggul dalam bidang kesehatan, serta melahirkan para profesional muda yang siap bersaing di tingkat internasional.

Semoga prestasi yang diraih oleh drh. Rian Ka Praja dapat menjadi motivasi bagi seluruh civitas akademika Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama baik universitas di kancah Internasional. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…